Bukan Malas, Ibu Hamil Sering Lelah Karena 5 Alasan Ini

Ibu hamil sering dicap malas lantaran sulit bangun untuk beraktivitas. Hal itu belum tentu benar. Banyak hal yang membuat ibu hamil merasa lelah sehingga tidak bersemangat.

Meski berat badan ibu hamil muda belum banyak bertambah, namun banyak yang merasakan lelah berlebihan. Sebagian wanita baru merasakannya pada usia kehamilan tujuh bulan, namun ada yang mengalami rasa lelah tersebut sepanjang kehamilan.

bukan malas ibu hamil sering lelah karena 5 alasan ini - alodokter

Berikut beberapa alasan ibu hamil merasa lelah yang sering disalahartikan sebagai alasan malas beraktivitas:

  • Perubahan hormon

Salah satunya adalah peningkatan hormon progesteron. Hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Selain itu, tubuh mengalami produksi darah disertai dengan penurunan tekanan darah dan kadar gula. Sayangnya, meski sering merasa mengantuk, banyak ibu hamil muda yang tidak merasakan tidur malam nyenyak karena sering buang air kecil.

  • Mual dan Muntah

Meski sering disebut morning sickness, namun sebenarnya mual dan muntah pada ibu hamil bisa berlangsung kapan saja sepanjang hari. Banyak energi yang terkuras saat ibu hamil merasakan mual dan muntah.

  • Cemas

Faktor emosi sangat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil, termasuk ketika merasakan cemas. Ada beragam hal yang biasanya menjadi hal yang dicemaskan ibu hamil, termasuk kondisi kesehatan bayi, persiapan menjadi ibu, hingga perasaannya tentang kehamilan tersebut. Ibu hamil perlu mengatasinya agar tidak berlanjut menjadi depresi.

  • Anemia

Jangan cepat-cepat menganggap ibu hamil malas. Bisa jadi lelah yang dirasakan ibu hamil terkait dengan anemia defisiensi zat besi. Untuk memastikan kondisi tersebut, dokter perlu melakukan tes darah. Umumnya dilakukan pada awal trimester pertama, menjelang akhir trimester kedua, ataupun awal trimester ketiga.

  • Penambahan beban

Terutama pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil akan sering merasa lelah sebagaimana trimester pertama. Hanya saja, saat ini alasannya karena semakin bertambahnya berat bayi dan juga berat badan ibu. Hal ini dapat memicu sulit tidur pada ibu hamil dan sering buang air kecil, yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

Tips Tetap Bersemangat Saat Hamil

Banyak tantangan fisik yang dihadapi ibu hamil, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Ibu hamil tetap dapat bersemangat menjalankan aktivitas dan membuang jauh-jauh predikat pemalas dengan beberapa tips sebagai berikut :
  • Beristirahat tiap kali merasa lelah. Jika tidak memungkinkan, maka bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang atau tidur malam lebih awal.
  • Hindari minum terlalu banyak beberapa jam menjelang tidur, agar tidak sering terbangun untuk buang air kecil.
  • Mengonsumsi makanan sehat dalam porsi kecil setiap beberapa jam. Misalnya, sereal dengan susu rendah lemak atau roti gandum dengan irisan ayam.
  • Perbanyak buah dan sayur, lalu batasi makanan manis, asin, atau pun junk food.
  • Pastikan asupan cairan mencukupi setiap hari. Utamakan minum air putih dan kurangi asupan kafein.
  • Beraktivitas fisik, seperti berjalan santai, dapat membuat tubuh merasa lebih baik. Lengkapi dengan peregangan dan latihan pernapasan sesuai kemampuan. Jika perlu, lakukan setiap hari.
  • Jika rasa lelah terasa sangat mengganggu, cobalah untuk memperoleh kelonggaran pekerjaan atau aktivitas sementara jika memungkinkan.
Hindari menganggap ibu hamil sebagai pribadi yang malas atau pun sebutan lain, yang mungkin disebabkan oleh perubahan kondisi fisik yang dialami. Ibu hamil membutuhkan banyak dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat hingga persalinan.