Fucoidan

Pengertian Fucoidan

Fucoidan memelihara kesehatan lambung dengan cara meningkatkan ketebalan lapisan lambung. Dengan begini,  fucoidan menghasilkan efek protektif terhadap serangan asam lambung dan mencegah terjadinya tukak atau ulkus.

fucoidan - Alodokter

Selain itu, fucoidan juga dapat melindungi lambung dari infeksi bakteri H.pylori. Fucoidan tersedia dalam berbagai merek dan bisa dibeli secara bebas di apotek.

Tentang Fucoidan

Golongan Suplemen dan terapi penunjang
Kategori Obat bebas
Manfaat Membantu memelihara kesehatan lambung dari asam berlebihan.Mencegah tukak lambung.Mencegah infeksi H.pylori
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk Kapsul dan obat cair yang diminum

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter tentang pemakaian obat ini.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Fucoidan

Dosis fucoidan umumnya adalah 100 mg satu kali per hari. Tersedia bentuk kapsul yang mengandung 50-100 mg fucoidan atau sirup yaitu 100 mg fucoidan per 15 ml.

Mengonsumsi Fucoidan dengan Benar

Baca informasi yang tertera pada kemasan fucoidan sebelum mulai menggunakannya. Ikuti aturan pakainya sesuai dengan merek atau jika ragu, tanyakan pada dokter.

Fucoidan bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Periksakan diri ke dokter jika merasakan perubahan yang mengganggu setelah mengonsumsi obat ini.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi fucoidan pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi yang lupa mengonsumsi fucoidan, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis fucoidan pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Fucoidan

Sejauh ini belum ada laporan mengenai efek samping yang dapat terjadi akibat mengonsumsi fucoidan, namun jika penyakit atau gejala yang diderita tidak kunjung mereda, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, pergilah ke rumah sakit terdekat.