Inilah Alasan Mengapa Anda Butuh Pengusir Tikus Alami

Pernah melihat ada tikus melintas di area rumah atau mendapati properti kayu Anda rusak seperti digerogoti tikus? Demi keamanan dan kesehatan seluruh anggota keluarga, disarankan untuk segera mengusirnya jauh-jauh dari rumah Anda. Namun, untuk menghindari efek samping bahan kimia yang terdapat pada pengusir tikus, disarankan untuk memakai metode alami.

Bintang pengerat ini biasanya berkeliaran pada malam hari. Pada saat itu, tikus bisa saja mengonsumsi makanan atau minuman milik Anda. Berita buruknya adalah tikus bisa saja meninggalkan air liur, bulu, urine, atau tinja pada sisa makanan atau minuman tersebut. Jika secara tak sengaja Anda mengonsumsinya, hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

inilah alasan mengapa anda butuh pengusir tikus alami - alodokter

Tidak hanya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi tikus, penyakit juga bisa ditularkan melalui gigitan, menghirup debu yang telah terkontaminasi kotoran tikus yang sakit, atau digigit oleh kutu yang pernah mengisap darah tikus yang sakit.

Berikut beberapa efek kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh tikus:

  • Alergi.
  • Asma.
  • Penyakit pes. Kondisi yang paling banyak terjadi akibat penyakit ini yaitu pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan. Efek terparah yang bisa terjadi ketika bakteri tikus, Yersinia pestis, telah menginfeksi paru-paru.
  • Salmonellosis (terinfeksi bakteri salmonella). Kondisi ini bisa menimbulkan gejala-gejala seperti mual, muntah, diare, kram perut, demam, menggigil, sakit kepala, atau buang air besar berdarah.
  • Tularemia. Kebanyakan orang yang terjangkit kondisi ini biasanya dapat merasakan sakit dalam waktu tiga hingga lima hari, namun ada juga yang bisa memakan waktu lebih lama. Efek yang bisa terjadi antara lain borok pada kulit, demam, menggigil, kelelahan, sakit kepala, diare, muntah, atau sakit tenggorokan.
  • Leptospirosis. Dari kebanyakan kasus, kondisi ini dapat menimbulkan gejala ringan seperti sakit kepala, demam, mual, muntah, batuk, menggigil, dan nyeri otot. Namun, ada  pula yang parah dan bisa mengancam jiwa seperti batuk darah, nyeri dada, penyakit kuning, pembengkakan tangan atau kaki, sesak napas, gejala-gejala terkait penyakit meningitis, atau kerusakan multi organ.
  • Virus Hanta. Jika Anda terinfeksi virus ini, gejala awal yang dapat terjadi yaitu demam, kelelahan, dan nyeri otot parah. Setelah beberapa hari, Anda akan mengalami sesak napas, menggigil, mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, atau sakit perut.

Pilih Pengusir Tikus yang Manusiawi

Salah satu cara membasmi tikus adalah dengan memakai pestisida yang dipenuhi oleh zat kimia beracun. Menyebar zat beracun ke dalam rumah Anda pastinya dapat berdampak buruk bagi kesehatan seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak, dapat dengan mudah terekspos zat berbahaya ini. Lalu ada lem tikus. Cara ini juga bisa berdampak buruk pada anak-anak atau binatang peliharaan Anda yang tidak sengaja terkena jebakan ini.

Cara-cara mematikan dalam mengusir tikus disarankan untuk dihindari karena selain berefek buruk pada Anda, metode ini juga tidak manusiawi. Tikus yang terkena efek tersebut biasanya menderita selama berhari-hari hingga akhirnya mati.

Lagipula, cara ini tidak 100 persen efektif mengusir tikus karena tikus-tikus baru bisa kembali ‘bertamu’ ke rumah Anda.

Agar rumah terbebas dari binatang pengerat, lakukan cara-cara alami mengusir tikus di bawah ini:

Buat tikus tidak menyukai rumah Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui apa yang disukai oleh tikus seperti makanan dan minuman. Jadi, singkirkan dua hal tersebut dari meja atau tempat-tempat terbuka yang bisa dijangkau tikus seperti lantai dan tempat cuci piring yang masih ada sisa makanan. Pastikan Anda menutup rapat lemari makanan dan tempat sampah.

Blokir gerbang masuknya. Tikus bisa masuk ke kediaman Anda melalui lubang-lubang kecil seperti pipa pembuangan air pada kamar mandi, celah penyejuk ruangan, atau celah ventilasi udara. Anda bisa menutup lubang itu dengan menyelipkan kain tebal pada celah-celah, menyemennya, atau  meletakkan benda berat pada saluran pembuangan air . Hal ini dimaksudkan agar tikus sulit untuk menyundul dan membukanya.

Jika Anda masih melihat ada tikus berkeliaran di rumah Anda, cari tahu pintu masuk lain yang mungkin dapat dilaluinya. Dengan cara ini, Anda bisa membebaskan seluruh anggota keluarga dari bahaya penyakit yang bisa ditimbulkan oleh tikus serta zat kimia beracun yang terdapat pada obat pengusir tikus.