Jaga Asupan Vitamin untuk Tulang demi Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk orang-orang berusia muda. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran diri dalam memenuhi asupan vitamin untuk tulang demi mencegah osteoporosis.

Melemahnya kekuatan tulang dapat menyebabkan tulang mudah patah dan rapuh. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, terkecuali pada kondisi patah tulang belakang yang dapat menyebabkan sakit jangka panjang (kronis).

vitamin for bone_compress

Tidak hanya tulang retak atau patah, sebagian penderita osteoporosis berusia lanjut memiliki postur tubuh yang membungkuk. Atau pembengkokan tulang ke arah depan. Kondisi ini umumnya terjadi saat tulang belakang patah. Sehingga tulang membengkok karena tidak mampu lagi menopang berat badan.

Jaga Asupan Vitamin untuk Tulang sejak Dini

Vitamin yang diperlukan untuk tulang adalah vitamin D. Asupan vitamin D dibutuhkan tubuh demi menjaga kekuatan tulang dan otot. Tanpa vitamin D, penyerapan kalsium tidak mampu berlangsung dengan baik. Akibatnya, tubuh kehilangan senyawa penting yang mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Cara mudah dan praktis untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Tidak lupa, perbanyak mengonsumsi jenis-jenis makanan sehat dan bergizi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan vitamin D dan kalsium dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Manfaat vitamin untuk tulang juga mampu membantu penyembuhan penyakit rakitis.

Penderita kekurangan vitamin D umumnya memiliki karakteristik seperti:

  • Jarang terpapar sinar matahari
  • Berusia di atas 50 tahun
  • Memiliki penyakit ginjal
  • Intoleran terhadap laktosa (susu)
  • Kulit berwarna gelap
  • Menerapkan pola makan paling ketat dengan meniadakan konsumsi daging, ikan, telur, unggas, serta produk olahan susu ke dalam diet atau disebut vegan, dan
  • Bayi baru lahir yang hanya diberi asupan air susu ibu (ASI).

Penderita yang memiliki kadar vitamin D rendah umumnya membutuhkan konsumsi suplemen vitamin D.

Berapa banyak asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh?

Anak-anak dan remaja usia 9-18 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 satuan internasional (IU) per hari (1 IU sama dengan 0,025 mikrogram cholecalciferol atau ergocalciferol).

Orang dewasa usia 50 tahun ke bawah membutuhkan 400-800 IU vitamin D per hari. Untuk usia di atas 50 tahun membutuhkan asupan 800-1.000 IU vitamin dalam sehari.

Adapun kadar vitamin D di dalam tubuh tidak boleh melebihi 4.000 IU sehari karena dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Konsultasikan kepada dokter Anda mengenai takaran asupan vitamin D yang dibutuhkan untuk menghindari akibat kekurangan vitamin D.

Daftar Makanan yang Mengandung Asupan Vitamin untuk Tulang

Ingin punya tulang yang sehat dan kuat? Kuncinya adalah mengonsumsi jenis-jenis makanan bernutrisi yang mengandung vitamin D dan kalsium. Nutrisi ini berguna bagi tubuh seiring dengan bertambahnya usia dan makin melemahnya kepadatan tulang. Konsumsi vitamin untuk tulang, khususnya vitamin D dan kalsium, dapat mencegah tulang keropos akibat osteoporosis.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang diperkaya vitamin untuk tulang, antara lain:

  • Telur
  • Produk susu, keju, dan yoghurt
  • Ikan sarden, salmon, dan tuna
  • Bayam
  • Jus jeruk.

Cukupi kebutuhan asupan vitamin untuk tulang demi mencegah masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis. Anda bisa mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin D apabila jarang terpapar sinar matahari atau kurang mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin D. Imbangi juga asupan vitamin D dengan melakukan olah raga secara teratur agar fungsi tulang tetap kuat dan sehat.