Kalau Mau Kulit Mulus dan Sehat, Coba 6 Makanan Ini

Kulit yang sehat akan mampu menjalankan tugasnya sebagai pertahanan pertama tubuh menghadapi kuman dan perubahan lingkungan. Agar fungsi itu bisa berjalan baik, maka konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

Fungsi lain dari kulit yang jarang dipahami adalah perannya dalam membantu kesehatan tulang. Ya, berkat bantuan kulitlah sinar matahari bisa diubah menjadi vitamin D yang sangat penting untuk tulang.

kalau mau kulit mulus dan sehat coba 6 makanan ini - alodokter

Ingatlah bahwa kulit adalah bagian tubuh yang paling mudah terlihat. Penting untuk memastikan kesehatan organ terluas dari tubuh manusia ini. Salah satu faktor pendukung adalah makanan. Mari kita bahas apa saja makanan yang bisa diprioritaskan untuk mendukung kesehatan kulit.

Ubi Jalar

Masih suka menghindari makanan ini hanya karena dianggap menjadikan kita sering buang gas? Sebaiknya pikirkan ulang hal tersebut sebab makanan ini ternyata memiliki pengaruh positif untuk kulit.

Ubi jalar mungkin bermanfaat untuk mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan kulitmu. Penyebabnya adalah makanan ini kaya akan vitamin A. Daripada memercayakan perawatan kulit pada produk kecantikan yang mungkin membahayakan, bagaimana jika menambahkan ubi jalar pada dietmu?

Labu Kuning

Membeli labu hanya untuk dijadikan ornamen Hallowen? Sebaiknya mulai jadikan labu kuning sebagai salah satu bagian dari diet sehatmu. Buah ini adalah salah satu sumber karotenoid yang berperan penting dalam memerangi radikal bebas. Dengan kata lain, labu kuning bisa menjadi salah satu senjata untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

Selain itu, labu kuning juga mengandung vitamin A, C, dan E yang dibutuhkan oleh kulit. Mengonsumsi labu kuning juga akan membuat tubuh mendapatkan banyak serat dan terhidrasi dengan baik.

Ikan

Jika kamu menganggap ikan hanya baik untuk mendukung perkembangan otak, maka ketahuilah bahwa kulit pun mendapat manfaat positif dari makanan ini. Bagi yang menyukainya bisa memilih mengonsumsi ikan salmon karena dagingnya kaya akan asam lemak omega-3, sumber lemak yang baik bagi tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan lemak, maka kulit dapat terhindar dari kondisi kering dan kusam. Bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah lemak, namun tidak ingin kesehatan kulit terganggu, mengonsumsi ikan bisa menjadi pilihan yang bagus.

Teh Hijau

Ingin bersantai sambil menikmati minuman yang bisa membuat kulitmu sehat? Maka teh hijau adalah jawaban cerdas. Minuman ini mengandung senyawa katekin yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Katekin dalam teh hijau telah terbukti efektif untuk melawan peradangan dan keganasan pada kulit.

Agar manfaat yang ada dalam teh hijau bertahan lama dalam tubuh, sebuah penelitian menganjurkan untuk menambahkan perasan jeruk pada minumanmu. Perasan jeruk akan memperlambat tercernanya kandungan nutrisi teh hijau, sehingga kebaikannya lebih terasa oleh tubuh.

Avokad

Buah avokad mengandung lemak sehat, vitamin A, vitamin C, dan serat. Kandungan aneka zat tersebut merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit.

Kandungan lemak dalam buah avokad mungkin bermanfaat untuk mengurangi kerusakan kulit. Salah satu kerusakan kulit yang bisa diminimalisir adalah yang diakibatkan oleh sinar matahari seperti penuaan dini pada kulit yang menyebabkan kulit keriput. Sebuah penelitian menyatakan salah satu mekanisme avokad memperbaiki hal tersebut dengan cara meningkatkan perbaikan DNA.

Brokoli

Jangan menolak makan sayur-sayuran hanya karena terlihat tidak enak atau tidak keren. Ketahuilah bahwa sayuran hijau, seperti brokoli, bisa membuat kulitmu bertahan lebih muda dengan membantu melawan kemunculan garis halus dan kerutan kulit.

Makin beragamnya warna yang dikandung oleh sayur-sayuran atau buah-buahan, maka makin besar nutrisi yang dikandungnya. Brokoli yang berwarna lebih gelap memiliki kandungan vitamin A dan C yang lebih banyak.

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat hingga tua nanti, maka mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit di atas dapat membantu. Pastikan hal tersebut diimbangi dengan gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur agar hasilnya kian optimal.