Makanan untuk Penderita Maag yang Harus Dijauhi

Sakit maag bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu penyebabnya adalah makanan yang kita konsumsi. Ini dia makanan untuk penderita maag yang sebaiknya dikurangi atau malah dijauhi sama sekali.

Sakit maag adalah kondisi umum yang membuat perut bagian atas terasa tidak nyaman. Ini biasanya ditunjukkan oleh berbagai gejala seperti bersendawa, kehilangan selera makan, mual, begah (perut terasa penuh) setelah makan, perut kembung, dan perut atas terasa perih.

makanan untuk penderita maag yang harus dijauhi - alodokter

Sakit maag atau dispepsia bisa dipicu karena makan terlalu banyak atau terlalu cepat, stres, mengonsumsi obat tertentu, dan menderita penyakit tertentu. Namun, sakit maag juga bisa dihubungkan dengan gaya hidup yang buruk dan tidak sehat. Contohnya merokok, mengonsumsi makanan pedas, berminyak dan berlemak, serta minum minuman beralkohol, bersoda/berkarbonasi, dan berkafein.

Nah, jika sudah tahu bahwa salah dua penyebab sakit maag adalah makanan dan minuman, yuk jauhi atau kurangi makanan ini untuk penderita maag .

Makanan dan minuman asam

Buah jeruk, lemon, limau, saus tomat, serta minuman berkarbonasi/bersoda bersifat asam dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bila Anda menderita maag, sebaiknya hindari makanan dan minuman tersebut.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan bagi beberapa orang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gangguan pencernaan, dianjurkan untuk memilih makanan lembut dan hindari makanan yang kaya akan rempah-rempah.

Produk olahan susu

Laktosa membuat susu menjadi sulit dicerna oleh tubuh. Ketika laktosa tidak dapat dicerna dengan baik, perut akan menjadi kembung dan menghasilkan gas. Selain itu, Anda juga bisa menderita diare. Bahkan, ada orang yang alergi susu atau intoleran terhadap laktosa. Namun disarankan untuk tidak menjauhi produk susu sepenuhnya. Susu mengandung kalsium yang penting bagi perkembangan dan kesehatan tulang. Tanpa asupan kalsium yang cukup, osteoporosis dapat mengintai Anda.

Makanan berlemak dan digoreng

Pengaruh makanan berlemak terhadap sakit maag masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Namun, lemak memang dapat memperlambat otot-otot pencernaan dan menyebabkan otot-otot kandung empedu berkontraksi. Selain itu, makanan berlemak juga diduga bisa memperlambat pengosongan lambung, memperburuk konstipasi, serta memperburuk atau menyebabkan diare. Sedangkan makanan yang digoreng membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna, rendah serat, dan membuat Anda merasa kembung.

Makanan dan minuman manis

Fruktosa dan makanan atau minuman dengan pemanis buatan lainnya diduga dapat menyebabkan dispepsia. Ini karena pemanis tidak sepenuhnya mampu dicerna dan diserap tubuh sebelum mencapai usus.

Alkohol

Alkohol tidak mengandung protein, vitamin, atau nutrisi lainnya. Alkohol justru sangat berbahaya bagi lapisan lambung dan metabolisme hati, serta bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya.

Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan cokelat dapat merangsang saluran pencernaan. Jika dikonsumsi berlebihan, bahkan dapat mengakibatkan diare atau memperburuk gangguan pencernaan Anda.

Ada banyak pilihan makanan untuk penderita maag. Oleh karena itu, yuk kurangi dan hindari makanan yang berisiko memperburuk sakit maag. Selain itu, disarankan juga untuk makan sedikit namun sering (bukan makan besar tiga kali). Anda juga dianjurkan untuk mengunyah makanan pelan-pelan.