Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Cobalah ganti menu sarapan nasi Anda dengan oatmeal. Selain mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan, oatmeal juga terdiri dari berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila manfaat oatmeal sangatlah banyak.

Dengan menyantap semangkok oatmeal panas di pagi hari, Anda siap menjalankan segala aktivitas dengan semangat dan energi penuh. Oatmeal mengandung banyak nutrisi penting, oleh karena itu manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh pun tidak perlu disangsikan.

manfaat oatmeal untuk kesehatan - alodokter

Nutrisi Oatmeal

Oatmeal yang terbuat dari oat ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Dalam 100 gram oat terkandung serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan zat besi.

Manfaat Oatmeal

Dengan segudang nutrisi yang terkandung, manfaat bubur oatmeal yang lezat dan sehat ini pun sudah pasti banyak. Berikut adalah beberapa manfaat oatmeal:

Menjaga berat badan

Oatmeal mengandung serat yang mampu bertahan lama di perut. Ini membuat Anda kenyang lebih lama hingga mencegah Anda makan terlalu banyak atau sering mengemil. Hasilnya, berat badan Anda akan terjaga.

Menurunkan kolesterol

Oatmeal mengandung serat yang diduga mampu memblokir atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) di usus. Mengonsumsi minimal lima gram atau lebih serat (1,5-2 cangkir) setiap hari bisa mengurangi LDL dan kolesterol total di dalam tubuh . Serat akan semakin bertambah banyak jika Anda mencampur oatmeal dengan buah pisang.

Mengurangi risiko sakit jantung

Konsumsi oatmeal sehari-hari selama beberapa minggu bisa menurunkan LDL dan kolesterol total yang pada akhirnya berkemungkinan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menstabilkan gula darah pada penderita diabetes

Kandungannya yang kaya akan serat akan membuatnya lebih lambat dicerna tubuh. Artinya  oatmeal tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat sehingga gula darah lebih stabil.

Untuk masalah pencernaan

Mengonsumsi oat atau oatmeal juga diduga membantu menyelesaikan masalah pencernaan seperti batu empedu, Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau gangguan gerakan usus besar, divertikulosis (kantung kecil yang menonjol keluar melalui usus besar), penyakit radang usus, dan sembelit. Oat yang digunakan dalam diet sehari-hari juga diduga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Namun semua ini membutuhkan bukti dan penelitian yang lebih mendalam.

Meskipun manfaat oatmeal banyak dan sangat menyehatkan, banyak orang yang tidak menyukai oatmeal karena terasa hambar dan tidak enak. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencampurkan beberapa buah seperti apel, stroberi, bluberi, atau pisang ke dalam oatmeal. Anda juga dapat menambahkan satu sendok makan gula merah atau madu agar terasa sedikit manis.