Mengenal Akupresur dan Manfaatnya Untuk Tubuh Anda

Akupresur memang kurang akrab didengar jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu akupuntur. Tapi, manfaatnya tidak kalah dengan akupuntur. Keduanya dapat merangsang peredaran darah, sistem saraf, dan dipercaya melepaskan energi tubuh melalui meridian (Hasilnya, tubuh dapat terasa lebih segar dan dipercaya dapat mengatasi beberapa kondisi kesehatan.

Teknik pengobatan akupresur dilakukan dengan menggunakan siku, tangan, atau alat bantu khusus. Penekanan akan dilakukan di beberapa titik akupresur. Ada beberapa titik akupresur, namun titik yang umum digunakan antara lain LR-3 atau titik hati 3, titik ini berada bagian lunak di antara ibu jari kaki dan jari kedua pada kaki. Lalu, LI4 atau titik usus besar berada di jari tangan. Posisinya hampir sama dengan titik hati. Yaitu di bagian lunak antara jari telunjuk dan ibu jari. Titik berikutnya adalah SP-6 atau titik limpa 6. Titik ini berada sekitar tiga jari di atas tulang pergelangan kaki, tepatnya pada bagian lunak atau otot betis bagian bawah.

mengenal akupresur dan manfaatnya untuk tubuh anda - alodokter

Manfaat Akupresur Untuk Tubuh

Akupresur dipercaya dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan dapat membantu mengatasi kondisi kesehatan tertentu. Akupresur bekerja dengan membebaskan sumbatan energi dalam tubuh. Ketika salah satu meridian terhambat, maka akan terjadi ketidakseimbangan tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Proses akupresur yang menekan pada titik meridian tubuh dipercaya dapat mengatasi penyumbatan tersebut dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Selain itu, akupresur dipercaya dapat merangsang keluarnya hormon endorfin yang merupakan pereda nyeri alami, meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, dan  meredakan ketegangan pada otot. Berikut ini adalah manfaat akupresur lainnya yang dapat membuat Anda tertarik melakukan terapi ini.

  • Disfungsi ereksi
    Disebut juga dengan impotensi, merupakan kondisi di mana pria tidak mampu mempertahankan atau bahkan mencapai ereksi untuk dapat melakukan hubungan intim. Teknik akupresur dipercaya dapat mengatasi kondisi ini dengan menekan titik-titik tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seksual. Selain itu, akupresur dipercaya dapat mengatasi disfungsi ereksi dengan melebarkan (dilatasi) pembuluh darah.
  • Mual dan muntah
    Teknik akupresur dengan menekan pergelangan tangan dipercaya dapat mengatasi dan mencegah mual serta muntah. Misalnya mual dan muntah yang disebabkan oleh kehamilan, efek setelah operasi, selama anestesi tulang belakang, atau mabuk perjalanan.
  • Meredakan rasa sakit
    Selain mengatasi mual dan muntah, akupresur juga dipercaya dapat meredakan rasa nyeri, seperti nyeri punggung, sakit kepala, atau nyeri pasca operasi. Pasalnya, proses akupresur dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengurangi penyumbatan yang menyebabkan timbulnya rasa sakit.
  • Bantu mengatasi efek kemoterapi
    Seseorang yang melakukan kemoterapi umumnya akan merasakan mual, kelelahan, atau bahkan stres. Guna mengatasinya, akupresur dipercaya dapat dilakukan untuk mengurangi kadar stres, mual, , meredakan rasa sakit, dan meningkatkan energi.
  • Meredakan stres pada pasien cuci darah
    Penderita penyakit ginjal tahap akhir dan sudah menjalani prosedur cuci darah atau hemodialisis, umumnya akan terpengaruh oleh stres psikologis dan fisiologis. Kecemasan dan depresi menjadi hal yang umum terjadi. Hal ini dapat menghasilkan dampak klinis yang negatif, serta kualitas hidup yang buruk. Guna mengatasinya, penelitian menunjukkan bahwa pasien yang melakukan akupresur selama satu bulan, dengan durasi tiga kali dalam seminggu, dapat mengurangi kecemasan, stres, dan depresi. Sehingga, dampak negatif pada tubuh menjadi berkurang dan kualitas hidup pasien meningkat.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan akupresur, pastikan memilih terapis yang bersertifikat serta berlisensi. Dan jika Anda memiliki kondisi yang cukup kronis, seperti menderita penyakit jantung, kanker, atau arthritis, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba akupresur.