Terapi akupunktur adalah teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil dan halus pada titik-titik tertentu di tubuh. Di samping dapat menghilangkan rasa sakit, terapi akupunktur diketahui memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan.   

Akupunktur dilakukan berdasarkan kepercayaan Tiongkok bahwa penyakit bisa muncul jika aliran energi (Qi) terhambat. Melalui penusukan di titik-titik tertentu, akupunktur dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit.

6 Manfaat Terapi Akupunktur untuk Kesehatan - Alodokter

Kaitan Antara Titik Akupunktur dan Kesehatan

Pada dasarnya, akupunktur dilakukan untuk menyeimbangkan energi. Tubuh memiliki jalur energi yang dikenal dengan sebutan meridian. Ketika terapis menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di sepanjang jalur meridian, aliran energi dalam tubuh akan seimbang kembali.

Teknik akupunktur juga diakui oleh ilmu kedokteran barat untuk merangsang saraf, otot, dan jaringan ikat. Rangsangan ini dipercaya dapat memicu produksi zat penghilang rasa sakit alami dalam tubuh.

Peran Terapi Akupunktur dalam Penyakit Tertentu

Saat memutuskan untuk menjalani terapi akupunktur, pastikan bahwa jarum telah disterilisasi dengan benar atau hanya untuk sekali pakai. Hal ini penting untuk menghindari risiko infeksi, misalnya hepatitis, akibat pemakaian jarum yang tidak steril.

Berikut adalah beberapa manfaat terapi akupunktur untuk kesehatan:

1. Mengatasi migrain dan sakit kepala

Terapi akupunktur yang dilakukan dengan tepat pada titik-titik tertentu diketahui dapat merangsang saraf untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang bertanggung jawab untuk mengurangi rasa sakit, sehingga membantu mengatasi migrain dan sakit kepala.

2. Mengurangi nyeri punggung bawah

Terapi akupunktur menunjukkan hasil yang positif dalam memperbaiki kemampuan penderita nyeri punggung dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini karena hormon endorfin yang dilepaskan saat akupunktur dapat menurunkan nyeri punggung bawah sehingga membuat penderitanya lebih leluasa untuk melakukan aktivitas.

3. Meredakan radang sendi

Penyakit radang sendi atau arthritis, terutama yang terjadi di lutut, terbukti bisa diredakan melalui akupunktur. Bila artritis pada lutut masih ringan atau sedang, akupunktur dapat membuat kondisi ini membaik. Sementara jika kondisi artritis lebih berat, diperlukan kombinasi akupunktur dengan obat antinyeri dan fisioterapi.

4. Memperlambat penuaan kulit

Terapi akupunktur dikatakan dapat memperlambat penuaan dengan memperbaiki elastisitas wajah. Terapi ini dikenal dengan istilah akupunktur kosmetik yang dilakukan dengan menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di kepala, wajah, dan leher. Meski begitu, efektivitas akupunktur dalam bidang kecantikan masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Membantu mengatasi obesitas

Studi menunjukkan bahwa terapi akupunktur dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan stres, serta menekan nafsu makan sehingga dapat mendukung penurunan berat badan. Namun, untuk mengatasi obesitas dengan akupunktur tetap dibutuhkan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

6. Mempercepat pemulihan pasien stroke

Akupunktur dapat dilakukan sebagai pengobatan tambahan untuk penderita stroke. Studi menyebutkan bahwa penderita stroke yang mendapatkan terapi akupunktur mengalami peningkatan kemampuan dalam menggerakkan pergelangan tangan dan bahu, dibandingkan penderita yang tidak mendapatkan terapi ini.

Tak hanya itu, akupuntur dinilai dapat membantu meringankan rasa sakit dan rasa tidak nyaman akibat stroke. Dalam studi lainnya, ditunjukkan bahwa terapi akupunktur yang ditambah dengan fisioterapi bisa memberi hasil yang lebih baik sebagai pengobatan suportif pascastroke.

Terapi akupunktur memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Sudah cukup banyak pula studi yang mendukung keefektifan terapi ini dalam mengobati penyakit atau memelihara kesehatan. Terapi akupunktur bahkan dinilai aman untuk ibu hamil. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba terapi ini.

Meski begitu, jika Anda ingin mencoba terapi akupunktur, baik itu sebagai langkah pengobatan maupun untuk meningkatkan kesehatan, pastikan terapi ini dilakukan oleh dokter atau ahli akupunktur yang telah memiliki sertifikat.