Ketika mengalami migrain, konsumsi obat sering kali dijadikan andalan untuk meredakan sakit kepala. Namun, bagaimana jika kebetulan tidak tersedia obat saat migrain menyerang? Tenang, ada, kok, cara mengatasi migrain tanpa obat.

Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, dengan intensitas sedang hingga berat, dan dapat disertai gejala mual, muntah, atau sensitif terhadap cahaya dan suara. Migrain sering dirasakan pada satu sisi kepala, tetapi bisa juga menyerang kedua sisi kepala.

Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat - Alodokter

Beberapa penderita migrain dapat mengalami aura yang merupakan gejala gangguan saraf, seperti melihat kilatan cahaya atau mencium bau tertentu.

Inilah Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Saat ini belum terdapat obat yang benar-benar bisa menyembuhkan migrain karena mekanisme terjadinya migrain juga belum benar-benar dipahami. Konsumsi obat hanyalah salah satu cara untuk membantu meringankan gejalanya.

Perlu Anda ketahui bahwa selain minum obat, migrain juga bisa diatasi dengan:

1. Relaksasi dan tidur

Ketika mengalami serangan migrain, seseorang menjadi lebih sensitif terhadap suara dan cahaya. Menghentikan aktivitas dan beristirahat di dalam ruangan yang hening dan gelap dapat meringankan gejala migrain.

Bila memungkinkan, cobalah untuk tidur. Senayawa kimia yang dihasilkan oleh otak saat tidur dapat meringankan rasa sakit. Selain itu, tidur yang cukup dan teratur pada jam yang sama setiap harinya dapat membantu mencegah migrain.

2. Kompres dingin atau hangat

Cara kedua untuk mengatasi migrain tanpa obat adalah dengan kompres dingin atau hangat. Sebagian orang lebih suka menempelkan kantung berisi es di dahi atau di belakang leher untuk mengurangi rasa nyeri saat migrain. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kompres dingin, Anda bisa menggantinya dengan kompres hangat. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat memberikan khasiat yang serupa.

3. Kafein

Dalam jumlah sedikit, kafein dapat mengurangi nyeri, termasuk akibat migrain. Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Konsumsi kafein berlebihan justru malah menimbulkan sakit kepala setelah efeknya mulai menghilang.

4. Meditasi atau yoga

Meditasi dengan cara duduk di suatu tempat yang tenang dan memusatkan pikiran pada pernapasan dapat meringankan nyeri. Selain meditasi, Anda juga dapat melakukan yoga untuk mengurangi keparahan migrain dan menurunkan risiko kambuhnya migrain.

5. Aroma lavender

Cara kelima untuk mengatasi migrain tanpa obat adalah menghirup aroma lavender. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghirup aroma minyak lavender selama 15 menit mengalami penurunan rasa sakit kepala yang signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya.

6. Pijat

Memberikan pijatan lembut pada area dahi dapat melancarkan aliran darah dan membantu relaksasi. Namun, karena serangan migrain dapat menyebabkan penderitanya menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, cara ini mungkin dirasakan kurang cocok oleh sebagian orang.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi migrain tanpa obat. Ketika migrain menyerang, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejalanya, seperti cokelat, keju, daging olahan, makanan yang mengandung banyak monosodium glutamat (MSG), dan minuman beralkohol.

Sebaliknya, sebisa mungkin perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan, untuk membantu mencegah kambuhnya migrain.

Bila Anda mengalami sakit kepala yang tidak kunjung membaik meski telah melakukan langkah-langkah mengatasi migrain tanpa obat seperti yang telah dijelaskan, bahkan sudah mengonsumsi obat migrain, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai.

Ditulis oleh:

dr. Irene Cindy Sunur