Nyeri punggung adalah rasa sakit atau kaku yang dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, yaitu dari bawah leher hingga tulang ekor. Nyeri punggung merupakan gejala dari suatu kondisi atau penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang.

Nyeri punggung umumnya disebabkan oleh gangguan pada ruas tulang belakang atau jaringan di sekitarnya, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf. Selain itu, kondisi ini juga dapat menjadi tanda adanya gangguan organ lain di sekitar tulang belakang, misalnya ginjal.

Nyeri Punggung - Alodokter

Pada sebagian besar kasus, nyeri punggung tidak disebabkan oleh masalah kesehatan serius dan hanya berlangsung singkat (akut) selama beberapa hari hingga minggu. Namun, nyeri punggung juga dapat berlangsung dalam jangka panjang (kronis) dan terjadi secara berulang.

Penyebab dan Gejala Nyeri Punggung

Penyebab umum nyeri punggung adalah adanya jaringan tulang belakang yang terkilir atau tegang (strain). Nyeri seperti ini biasanya terjadi akibat mengangkat benda berat atau berolahraga secara berlebihan. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh cedera tulang belakang atau kelainan struktur tulang belakang.

Selain menimbulkan nyeri yang tajam dan menusuk, nyeri punggung juga dapat memunculkan sakit yang menyebar di kaki, terutama saat penderita mengangkat beban berat atau melakukan aktivitas tertentu.

Komplikasi Nyeri Punggung

Jika tidak ditangani, nyeri punggung dapat menimbulkan komplikasi yang membatasi aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Beberapa contoh komplikasi nyeri punggung adalah:

  • Nyeri punggung yang berkembang menjadi kronis
  • Perubahan bentuk tulang belakang
  • Gangguan pergerakan kaki atau tangan
  • Inkontinensia tinja atau urine
  • Cacat permanen

Pengobatan dan Pencegahan Nyeri Punggung

Pengobatan nyeri punggung antara lain dengan penggunaan obat pereda nyeri dan terapi fisik atau fisioterapi. Namun, bila diperlukan, dokter dapat melakukan tindakan operasi.

Nyeri punggung dapat dicegah dengan upaya sederhana, seperti aktif berolahraga, menjaga berat badan agar tetap ideal, serta mengelola stres dengan baik.