Umumnya nyeri punggung akan membaik setelah dirawat beberapa minggu. Namun jenis pengobatan akan dibeda-bedakan sesuai tingkat keparahan, lama terjadinya, dan kebutuhan tiap pengidap. Pengobatan nyeri punggung terbagi menjadi dua bagian terkait lamanya kondisi ini terjadi.

Menangani Nyeri Punggung Jangka Pendek

Umumnya perawatan di rumah dan konsumsi pereda rasa sakit yang dijual bebas di apotek dapat mengobati nyeri punggung yang terjadi kurang dari 1,5 bulan.

Teruslah bergerak aktif

Pengidap nyeri punggung biasanya berpikir untuk beristirahat hingga sakit mereda, namun nyatanya diketahui bahwa dengan tetap beraktivitas, penderita nyeri punggung justru memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat. Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau melakukan kegiatan sehari-hari justru akan membantu pemulihan nyeri Anda.

Anda memang perlu beradaptasi dengan rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang masih terasa. Jika terasa berat, mulailah dengan aktivitas ringan dan buatlah peningkatan dari hari ke hari. Namun disarankan untuk menghindari aktivitas berat yang dapat menimbulkan nyeri parah. Lakukanlah secara bertahap seiring kondisi Anda berangsur pulih.

Obat pereda rasa sakit

Berikut ini adalah obat-obatan yang pada umumnya digunakan untuk meredakan nyeri punggung:

  • Paracetamol
  • Obat-obatan anti-inflamasi non-steroid seperti ibuprofen
  • Kodein, bersifat lebih keras dan kadang-kadang digunakan bersamaan dengan paracetamol

Waspadai efek samping dari obat pereda rasa sakit yang dapat mengganggu fungsi ginjal, memicu reaksi alergi, hingga ketagihan.

Terapi dingin dan panas

Perubahan temperatur dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan membantu meredakan nyeri. Tempatkan benda dingin atau hangat pada area yang sakit. Namun hindari meletakkan es langsung pada kulit. Bungkus kemasan berisi es dengan kain, lalu letakkan pada bagian yang sakit. Selain itu, kompres yang dibasuh air hangat yang kemudian diletakkan pada area yang nyeri dapat dijadikan alternatif terapi. Mandi air hangat juga dapat membantu.

Dapat juga menggunakan koyo hangat atau balsam yang dapat dibeli di supermarket. Oles atau tempelkan pada bagian yang nyeri.

Mengubah gaya hidup

Kelebihan berat badan, stress, dan postur tubuh yang buruk juga bisa menjadi penyebab nyeri punggung. Olahraga teratur dapat membantu mencegah kondisi ini, sehingga Anda terhindar dari nyeri.

Pilihlah aktivitas yang Anda nikmati dan mendatangkan manfaat seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga.

Posisi tidur

Jika  Anda terbiasa tidur telentang, tempatkan bantal di bawah lutut. Sementara jika Anda biasa tidur menyamping,  angkat sedikit kaki Anda ke arah dada, lalu tempatkan sebuah bantal di antara kedua kaki. Posisi-posisi ini akan membantu menjaga postur punggung bawah tetap pada posisi normal.

Pengubahan posisi tidur ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan meredakan tekanan pada punggung.

Merelaksasi otot dan pikiran

Khawatir akan situasi yang sedang Anda hadapi membuat otot-otot menegang. Penelitian membuktikan bahwa orang yang tetap optimis saat mengidap nyeri punggung cenderung lebih cepat pulih dan dapat terhindar dari sakit jangka panjang.

Sebisa mungkin usahakan untuk melakukan relaksasi. Berlatihlah menarik napas dalam-dalam secara teratur di tempat yang tenang. Buatlah diri Anda senyaman mungkin.

Pengobatan Nyeri Punggung Jangka Panjang

Berikut ini adalah beberapa pengobatan yang dapat Anda pilih jika mengalami nyeri punggung kronis (lebih dari 1,5 bulan). Perawatan-perawatan ini efektif untuk pengidap yang merasa nyeri punggungnya sangat mengganggu mereka dalam menjalani aktivitas.

Terapi manual

Ahli fisioterapi atau chiropractic dapat membantu Anda mengurangi nyeri dengan pemijatan. Beberapa kegunaan dari terapi manual, antara lain:

  • Fisioterapi: terapi untuk memperbaiki fungsi gerak motorik akibat cedera, cacat, atau penyakit.
  • Terapichiropractic: metode ilmiah untuk mendiagnosis, menangani, dan mencegah gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot-otot dan kerangka tubuh).

Rangkaian penanganan di atas dapat dipadukan untuk nyeri punggung yang sudah terjadi lebih dari enam minggu dan sudah dianggap kronis.

Olahraga

Olahraga bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot Anda. Target ini dapat dicapai dengan peregangan dan aerobik.

Akupuntur

Pengobatan tradisional Tiongkok yang terbukti mampu membantu meredakan nyeri punggung bawah. Perawatan dilakukan dengan memasukkan jarum-jarum halus yang ditancapkan ke beberapa titik berbeda pada tubuh.

Obat antidepresan

Obat antidepresan mungkin akan diberikan jika obat pereda rasa sakit tidak dirasa manfaatnya. Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi depresi ini juga efektif dalam menangani beberapa kasus nyeri yang bersifat menetap.

Mungkin dokter akan meresepkan tricyclic antidepressants (TCAs) seperti amitriptilin dalam dosis kecil.

Konseling

Perasaan dan pikiran negatif yang mengiringi nyeri punggung dapat memperburuk kondisi Anda. Pada saat seperti inilah Anda mungkin membutuhkan cognitive behavioural therapy (CBT) atau terapi perilaku kognitif untuk menata ulang persepsi Anda terhadap nyeri yang diidap. Langkah ini diharapkan bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang diderita. Pasien yang menjalani CBT terbukti dapat kembali aktif dan rasa sakit yang dialami pun berkurang.

Klinik rasa sakit

Klinik spesialisasi ini membantu pengidap nyeri punggung dalam meningkatkan aktivitas mereka dan tidak berlarut-larut fokus dalam rasa sakit akibat kondisi yang dirasakannya. Program yang tersedia di klinik ini merupakan kombinasi dari latihan fisik, relaksasi, terapi berkelompok, dan edukasi mengenai psikologi dari rasa sakit.

Jika semua cara di atas tidak berhasil, terdapat kemungkinan dokter akan menyarankan pilihan untuk melakukan pembedahan.

Pembedahan Akibat Nyeri Punggung

Jenis bedah yang akan diterapkan tergantung pada tipe dan tingkat keparahan nyeri. Opsi ini dipilih jika nyeri yang dialami sudah berlangsung terus-menerus dan terasa tidak tertahankan lagi hingga membuat Anda tidak dapat beraktivitas ataupun tidur.

Berikut ini adalah beberapa jenis bedah yang dapat dijalani:

Disektomi

Disektomi adalah jenis pembedahan untuk mengangkat cakram sendi yang terletak di antara ruas vertebra pada sepanjang tulang belakang yang mengalami pergeseran. Prosedur ini dilakukan untuk mencegah timbulnya tekanan pada jaringan saraf di sekitarnya

Operasi fusi atau penyatuan tulang belakang

Operasi fusi tulang belakang adalah prosedur yang mana sendi penyebab nyeri disatukan dengan sendi lain agar tuang belakang lebih stabil. Proses ini dilakukan untukmengurangi rasa sakit.

Sebelum menyetujui prosedur, diskusikan risiko dan manfaat dari masing-masing prosedur ini dengan dokter karena langkah ini tidak selalu memberikan hasil yang diinginkan. Anda dapat saja mengalami hambatan dalam bergerak dan tetap merasakan sakit setelah dioperasi. Prosedur operasi juga memiliki risiko komplikasi yang serius sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik, seperti kelumpuhan pada salah satu atau kedua kaki.

Langkah Penanganan Lain yang Tidak Direkomendasikan

Beberapa penanganan berikut ini terkadang dilakukan untuk mengobati nyeri punggung jangka panjang, namun sebenarnya tidak direkomendasikan karena efektivitasnya belum teruji.

  • Suntikan: suntikan obat-obatan pereda nyeri ke punggung
  • Tarikan : penggunaan tali, katrol, dan beban untuk menarik jaringan di sekitar
  • Penyangga tulang lumbar: menempatkan bantal atau sandaran untuk menyangga tulang belakang
  • Terapi ultrasound: penyembuhan dan perbaikan jaringan dengan gelombang ultrasound
  • Terapi laser tingkat rendah: memperbaiki jaringan yang rusak dan mengurangi inflamasi dengan memfokuskan energi laser tingkat rendah ke punggung
  • Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS): mesin TENS bekerja dengan mengalirkan listrik melalui elektroda-elektroda kecil yang dilekatkan pada punggung