Percaya Diri Setelah Tahu Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Diperlukan cara menghilangkan bibir hitam yang tepat agar fungsi bibir sebagai simbol sensualitas tetap terjaga. Terkait organ yang ini, banyak perempuan yang dilanda kegalauan karena merasa warna bibir mereka tidak secerah yang seharusnya.

Bibir memang seharusnya tidak berwarna gelap, apalagi hitam. Bibir hanya terdiri dari 3-5 lapisan sel, bandingkan dengan kulit wajah yang memiliki hingga 16 buah lapis. Sedikitnya lapisan tersebut membuat kulit bibir mengandung lebih sedikit penghasil pigmen melamin alias warna kulit.

Close up portrait of young woman with beautiful lips isolated on white, asian beauty

Organ ini juga memiliki pembuluh darah, yang karena tipisnya lapisan bibir, maka bisa terlihat. Inilah yang menyebabkan bibir memiliki warna merah. Selain itu, bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Ketiadaan dua kelenjar tersebut menjadikan bibir sangat rentan kering dan pecah-pecah.

Inilah Cara Mencegah dan Menghilangkan Bibir Hitam

Beberapa hal di bawah ini adalah pencegahan, sekaligus cara menghilangkan bibir hitam yang bisa dilakukan.
  • Kurangi minuman berkafein

Berubahnya warna bibir menjadi lebih gelap bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya yang mungkin tidak disangka-sangka adalah karena seringnya mengonsumsi minuman panas berkafein, seperti kopi atau teh. Mengurangi frekuensi konsumsi jenis minuman panas berkafein di atas bisa menghilangkan warna gelap atau hitam di bibir.

  • Jangan menggigit dan menjilati bibir

Menggigit dan menjilati bibir terlalu sering juga dianggap bisa membuat bibir berwarna gelap. Tidak ada jalan lain selain menghilangkan kebiasaan buruk ini untuk membuat bibir kembali ke warna semula.

  • Stop menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Kebanyakan kosmetik yang menawarkan keajaiban biasanya mengandung merkuri yang sangat beracun, seperti peeling, pemutih, dan asam untuk mencerahkan bibir. Salah satu efek yang mungkin muncul adalah kerusakan kulit, termasuk menjadi gelap. Untuk itu, biasakan untuk membaca label dan sebisa mungkin konsultasikan kepada dokter kulit.

  • Berhenti merokok

Mengisap rokok juga bisa berdampak kepada warna bibir karena kandungan nikotinnya berisiko menggelapkan bibir. Selain itu, tembakau dan tar juga berperan terhadap makin gelapnya bibir. Panas dari rokok berpotensi membuat kulit memproduksi lebih banyak melamin sehingga memungkinkan membuat bibir lebih gelap. Jika ingin mendapatkan bibir berwarna alami, maka alasan di atas sudah cukup untuk membuat Anda berhenti merokok.

  • Lindungi bibir dari sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata juga berpotensi membuat warna bibir lebih gelap dari seharusnya. Hal ini dianggap wajar karena sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir kering sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap. Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya mulai sekarang rajin mengoleskan tabir surya  di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaan lip balm dan lipstik. Utamakan tabir surya yang mengandung SPF lebih dari 20.

  • Memijat bibir

Selain menghindari kebiasaan di atas, mengusir warna gelap di bibir bisa dilakukan dengan cara memijat. Memijat bibir kemungkinan bisa meningkatkan aliran darah ke daerah itu sehingga membuat warnanya cerah. Agar kian besar kemungkinan berhasilnya, disarankan memakai minyak almond atau es batu saat memijat.

  • Menghilangkan kulit mati

Untuk menghilangkan warna hitam atau gelap di bibir, Anda bisa mengelupasnya dengan aman menggunakan bubuk gula yang dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun. Usapkan campuran ramuan tersebut pada bibir, lalu satu menit kemudian dibersihkan dengan kain lap basah. Setelah selesai, lindungi bibir dengan lip balm yang lembut. Lakukan hal ini dua kali seminggu, namun jika terjadi iritasi, frekuensinya bisa dikurangi dan cara menggosoknya diperhalus.

  • Cobalah oleskan bahan-bahan alami

Beberapa resep rumahan bisa dijadikan rujukan untuk mencerahkan warna bibir, misalnya dengan mengoleskan jus lemon yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini memiliki peran yang penting bagi kesehatan kulit. Bisa juga mengoleskan madu sebelum tidur untuk melindungi dan melembutkan bibir.

  • Pakai kosmetik yang aman

Memakai kosmetik yang berasal dari bahan yang aman mungkin tidak menghilangkan bibir hitam, namun sekadar menutupi. Meski begitu, pemakaian kosmetik alami ini tidak berefek buruk untuk jangka panjang. Misalnya dengan memakai lipstik berwarna merah. Bisa juga memakai bedak concealer agar bibir lebih terasa lembut.

Meski jarang, ada penyakit yang dapat menimbulkan area berwarna hitam di bibir, yaitu kanker kulit melanoma. Segera konsultasikan ke dokter apabila pada bibir Anda terdapat area hitam dengan bentuk tidak beraturan, pinggiran tidak rata, berdiameter lebih dari 6mm, dan terus-menerus membesar. Untuk menghilangkan bibir hitam akibat melanoma, operasi biasanya adalah pilihan utama.

Di antara 9 cara mencegah dan menghilangkan bibir hitam di atas, sebagian besar terkait dengan kebiasaan buruk kita. Oleh karena itu menghentikan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan bibir berwarna hitam atau gelap harus segera dilakukan.