Secangkir Teh Chamomile Bisa Membantumu Tidur Nyenyak

Kamu pecinta teh pasti sudah pernah mendengar jenis teh herba ini. Teh yang dibuat dari bunga chamomile tidak hanya memiliki aroma yang wangi, tapi juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Teh chamomile dibuat dari bunga chamomile yang dikeringkan. Tidak hanya menyegarkan, chamomile memiliki aroma yang menenangkan. Chamomile sendiri sebenarnya mengandung flavonoid, coumarin, polyacetylenes, dan sesquiterpenes, senyawa-senyawa yang memiliki fungsi sebagai obat. Di dalam ekstrak chamomile juga terdapat beberapa senyawa bioaktif fenotik yang dapat berguna bagi tubuh.

secangkir teh chamomile bisa membantumu tidur nyenyak - alodokter

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh chamomile yang baik untuk tubuh mu.

  • Teh chamomile dan tidur nyenyak
    Sulit tidur di malam hari? Cobalah untuk minum segelas teh chamomile hangat. Pasalnya, teh ini ternyata diteliti dapat memberikan efek yang menenangkan bagi tubuh dan dapat membuat kamu mengantuk. Efek menenangkan yang diberikan teh chamomile dipercaya hadir karena adanya flavonoid yang terkandung di dalamnya. Kandungan ini bisa mengikat reseptor benzodiazepine di dalam otak yang dipercaya dapat membuat seseorang mengantuk. Chamomile juga dikenal dengan istilah obat bius ringan.
  • Teh chamomile dan sakit perut saat menstruasi
    Suatu penelitian menunjukkan bahwa minum teh chamomile dapat membantu dalam mengurangi sakit perut saat menstruasi. Karena teh chamomile ternyata dapat meningkatkan kadar glisin dalam urine. Glisin merupakan zat yang dapat membantu dalam mengurangi kejang otot yang terjadi saat menstruasi.
  • Teh chamomile dan sakit perut pada anak
    Selain sakit perut saat menstruasi, memberikan anak teh chamomile saat sakit perut juga dapat membantunya dalam mengatasi sakit perut. Karena ternyata teh chamomile mengandung kumarin dan flavonoid yang dipercaya dapat memberikan efek penenang bagi otot. Efeknya akan lebih baik jika teh chamomile ini dicampurkan dengan herbal lainnya, misalnya adas, daun mint, licorice, atau vervain.
  • Teh chamomile dan diabetes
    Bagi penderita diabetes, cobalah untuk minum teh chamomile setiap harinya. Setidaknya dua cangkir sehari. Karena ternyata, mengonsumsi teh chamomile dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta membantu tubuh dalam mencegah timbulnya komplikasi. Seperti kerusakan syaraf, kerusakan ginjal, dan gangguan penglihatan.

Tidak hanya deretan manfaat teh chamomile di atas yang bisa kamu dapatkan. Teh chamomile juga dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Chamomile juga diduga memberikan manfaat bagi pasien kardiovaskular yang menjalani prosedur katerisasi, kandungan dalam chamomile diteliti bisa memberikan peningkatan yang signifikan pada tekanan arteri brakialis.herba

Jika kamu tertarik dengan manfaat yang diberikan oleh teh chamomile, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Kamu bisa membeli teh chamomile siap seduh, lalu seduh di dalam segelas air hangat. Jika mau, tambahkan lemon atau madu sebagai penambah cita rasa. Kamu juga bisa meminumnya tanpa tambahan apa pun, cukup diseduh dengan air panas dan minum selagi hangat.

Kamu penasaran dengan efeknya pada tubuh? Cobalah menyeduh secangkir teh chamomile hangat di pagi atau malam hari. Kamu bisa dapatkan ketenangan sebelum memulai rutinitas di pagi hari atau dapatkan efek penenang sebelum tidur.