Semakin Cantik Setelah Tahu Cara Mengatasi Bibir Kering

Tidak hanya rambut dan kulit indah yang membuat wanita terlihat tampil menarik. Bibir, bagian kecil dari wajah ini, juga memiliki daya tarik sendiri bagi seorang wanita. Tapi semua itu pudar jika Anda mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Kulit bibir tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, perubahan temperatur, angin, dan pengaruh AC. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin (pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit). Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkan bagian kulitnya. Oleh karena itu, guna menjaga kesehatan bibir Anda. Anda perlu mengenal beberapa cara mengatasi bibir kering dan apa saja yang menyebabkannya.

semakin cantik setelah tahu cara mengatasi bibir kering - alodokter

Sayangi Bibir Anda dan Hindari Penyebab Bibir Kering

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, yaitu cara mengatasi bibir kering. Tentu tidak ada salahnya mengenal lebih dulu apa saja penyebab bibir kering. Agar setelah Anda berhasil mengatasi bibir kering, Anda dapat menghindari beberapa hal di bawah ini yang dapat membuat bibir kering.

  • Menjilat bibir
    Pada saat bibir kering, cara instan yang terpikirkan oleh Anda mungkin langsung menjilatnya. Agar bibir lembap dan kering pun hilang. Memang mudah melakukannya. Tapi, justru kebiasaan ini yang membuat bibir menjadi kering. Kenapa? Karena air liur yang terus menerus digosokkan ke bibir justru akan menghilangkan kelembaban alami bibir.
  • Perhatikan penggunaan lipstik
    Lipstik yang berjenis matte (pilihan warna yang tidak mengkilap) memang sedang naik daun belakangan ini. Tapi tahukan Anda? Ternyata, lipstik matte ini justru membuat bibir menjadi kering. Tidak hanya lipstik jenis matte, lipstik yang menjanjikan warna yang tahan lama juga dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.
  • Sinar matahari
    Ternyata tidak hanya kulit tubuh Anda yang harus terlindung dari sinar matahari, tapi juga bibir Anda. Sinar matahari juga dapat membuat bibir menjadi kering, terbakar matahari, dan mengelupas.
  • Hindari pelembap bibir dengan rasa
    Bibir memang tidak dapat melembapkan dengan sendirinya. Namun, pelembab dengan rasa bisa menjadi pemicu bibir menjadi kering. Kenapa? Karena pelembap bibir yang memiliki rasa dapat memicu Anda berulangkali menjilat bagian bibir. Akhirnya, bibir pecah-pecah dan kering.
  • Mengelupas kulit bibir
    Secara alami, setiap sel memiliki kemampuan untuk beregenerasi, termasuk kulit bibir, yang akan mengelupas pada saatnya. Bibir yang terkelupas terkadang membuat seseorang tergoda untuk mengelupasnya. Namun sebaiknya hindari hal ini. Mengelupas kulit bibir yang belum benar-benar mati hanya akan membuat bibir terasa tidak nyaman dan terluka. Biarkan kulit bibir Anda mengganti sel kulit mati dengan sendirinya.

Jadikan Bibir Lebih Indah

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan.

  • Minum cukup air
    Sudah menjadi rahasia umum jika minum air mineral yang cukup, pengaruhnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak terkecuali bibir. Dengan tubuh terhidrasi dengan baik, maka Anda dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.
  • Gunakan pelembap bibir
    Karena bibir Anda tidak memiliki kelenjar minyak dan tidak dapat melembapkan dengan sendirinya, penting bagi Anda untuk memberikan pelembap setiap harinya. Anda bisa menggunakan produk pelembap bibir yang berbahan petroleum atau beeswax yang dapat dengan baik menjaga kelembapan bibir Anda. Pilihan lainnya adalah salep dari cocoa butter atau minyak kelapa. Oleskan setiap hari dan sebelum tidur.
  • Pelindung matahari
    Bibir tidak memiliki pelindung untuk menjaganya dari sinar matahari. Jadi, gunakanlah produk bibir yang mengandung SPF. Dengan menggunakan krim ini, Anda dapat mencegah terjadinya bibir pecah-pecah karena paparan sinar matahari.

Jadi, sudah tahu kan cara mengatasi bibir kering? Hindari juga beberapa hal yang dapat menyebabkan bibir kering. Agar bibir terlihat indah dan senyum Anda semakin menawan.