Ternyata Siklus Haid yang Menyebabkan Payudara Bengkak

Payudara bengkak dapat terjadi menjelang menstruasi. Payudara memiliki empat jaringan utama, yaitu jaringan lemak, jaringan ikat, kelenjar, dan saluran susu. Jaringan lemak memiliki volume cairan yang berubah-ubah sehingga memungkinkan terjadinya pembengkakan. Hal inilah yang menyebabkan payudara terasa bengkak yang berakibat munculnya nyeri.

Pada saat payudara bengkak, bagian ini menjadi terasa lebih besar. Pembuluh darah mungkin akan tampak jelas, berwarna biru kehijauan. Tekstur kulit berubah menjadi kasar, serta pada beberapa kasus, payudara terasa lebih hangat. Perubahan bentuk payudara ini dapat membuat Anda merasa sakit atau nyeri.

payudara bengkak - alodokter

Payudara yang nyeri karena siklus menstruasi disebut nyeri siklik. Hal ini karena nyeri hilang dan timbul sesuai siklus menstruasi. Biasanya, pembengkakan dan rasa sakit terasa paling parah saat menjelang menstruasi dan terjadi pada kedua payudara. Rutinitas rasa sakit bulanan ini biasanya akan berakhir ketika masa menopause tiba.

Ada juga bengkak dan sakit pada payudara yang disebut nyeri nonsiklik. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita usia 30-50 tahun. Payudara terasa sakit hanya pada salah satu dan kadang-kadang disebabkan adanya kista atau fibroadenoma (benjolan di payudara).

Coba Lakukan Langkah Perawatan Ini di Rumah

Dalam dunia medis, rasa sakit pada payudara disebut mastalgia. Rasa sakit karena payudara bengkak yang disebabkan oleh PMS (premenstrual syndrome) ini dapat ditangani dengan perawatan di rumah, yaitu:

Kompres dengan es

Kompres payudara dengan air dingin selama 20 menit tiap kalinya. Lakukan sesering yang Anda butuhkan. Caranya, bungkus es menggunakan handuk, lalu tempelkan pada daerah payudara dan pijat perlahan-lahan. Mengompres payudara dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang menyertai.

Perawatan dengan sesuatu yang hangat

Selain kompres dingin, Anda dapat merawat payudara bengkak menggunakan air hangat atau bantal pemanas. Suhu hangat ini, selain dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, dapat membantu meredakan rasa sakit juga. Letakkan bantal pemanas atau botol berisi air hangat pada payudara Anda. Mungkin untuk sekaligus merelaksasi tubuh, berendamlah di air hangat agar Anda merasa lebih nyaman.

Gunakan bra yang nyaman

Bra yang nyaman dapat membantu mengurangi sakit dan melindungi payudara dari efek gravitasi. Hindari menggunakan bra berkawat selama payudara masih sakit. Jika memungkinkan, kenakan bra yang pas dan nyaman ketika tidur agar dapat menyangga payudara dengan baik.

Gunakan bra khusus ketika olahraga

Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga ketika payudara bengkak dan terasa sakit. Namun, pastikan Anda mengenakan bra yang tepat pada saat beraktivitas fisik. Pilihlah bra khusus olahraga (sport bra). Sebab bra ini dirancang khusus untuk menopang payudara dengan benar selama berolahraga dan membantu melindunginya dari dampak gerakan-gerakan secara fisik. Jangan lupa, selalu perhatikan ukuran yang pas dengan payudara Anda.

Perhatikan makanan dan minuman

Saat payudara bengkak, Anda disarankan untuk lebih memerhatikan asupan makanan dan minuman. Kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan, dan ganti dengan buah-buahan, sayuran, serta karbohidrat kompleks. Makanan dengan kadar garam yang tinggi juga disarankan untuk dikurangi. Selain itu, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman berkafein, seperti halnya kopi, teh, dan cokelat. Mengurangi konsumsi zat-zat yang tadi disebutkan 1-2 minggu sebelum menstruasi diduga dapat mencegah timbulnya gejala.

Departemen kesehatan wanita di Amerika menyarankan untuk mengkonsumsi 400 mg magnesium E dan 400 IU vitamin E setiap hari untuk meringankan gejala pre menstruasi. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Minum obat penghilang nyeri

Jika rasa sakit benar-benar membuat tidak nyaman, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, acetaminophen atau naproxen sodium. Naproxen sodium dan ibuprofen juga membantu mengurangi beberapa jenis pembengkakan, termasuk payudara bengkak.

Jika nyeri payudara tidak tertahankan, terdapat benjolan yang baru disadari dan hanya ada di satu sisi payudara atau keluar cairan coklat atau disertai darah dari puting, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Mengantisipasi segala kemungkinan terhadap adanya penyakit lain yang lebih serius perlu selalu menjadi pertimbangan utama.