Gigi berlubang sering kali menjadi penyebab nyeri yang tidak tertahankan. Untuk mengatasinya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter gigi. Namun untuk meredakan nyeri sementara, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat sebelum Anda ke dokter gigi.

Umumnya gigi berlubang berawal dari plak yang mengikis lapisan terluar (email) gigi. Plak berasal dari sisa makanan dan kuman yang menjadi asam, salah satunya karena tidak rajin menyikat gigi. Gigi berlubang yang tidak teratasi dapat menyebabkan nyeri yang parah, infeksi dan bahkan tanggalnya gigi.

4 Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat - Alodokter

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Saat sakit gigi, sebagian orang mungkin langsung mengonsumsi ibuprofen atau paracetamol yang merupakan obat pereda nyeri. Namun, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu tidak bisa sembarangan minum obat, atau harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Untungnya, ada cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Simak penjelasan di bawah ini agar lebih jelas:

1. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi. Air garam berperan sebagai disinfektan alami yang membantu membasmi kuman penyebab infeksi. Selain itu, berkumur sendiri dapat melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan area mulut lannya. Untuk membuat larutan garam, Anda dapat mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai cairan untuk kumur.

2. Berkumur larutan hidrogen peroksida

Selain berkumur dengan air garam, berkumur dengan larutan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan meredakan gusi berdarah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, larutkan hidrogen peroksida 3% ke dalam air dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

3. Mengompres dingin

Menempelkan kompres dingin di area yang nyeri selama setidaknya 20 menit, dapat membuat area tersebut terasa kebas, sehingga rasa sakit mereda. Cara ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Anda dapat membuat kompres dingin dengan merendam handuk di air es, menggunakan ice pack, ice gel, atau es yang dibungkus dengan kain. Namun, hindari menempelkan es langsung ke kulit, untuk menghindari cedera pada kulit.

4. Menempelkan teh celup

Tanin yang terkandung dalam teh celup dapat membantu meredakan nyeri. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan varian teh mint. Kandungan mentol dalam teh mint dapat membuat area gigi berlubang terasa kebas dan menenangkan gusi sensitif, sehingga nyeri berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, simpan teh celup di dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya. Kemudian, tempelkan kantong teh di bagian gigi yang berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat di atas sayangnya hanya dapat meredakan sakit gigi untuk sementara waktu. Untuk itu, Anda harus tetap menjadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi.

Penanganan lebih awal dapat mencegah gigi berlubang berkembang semakin parah, serta mengurangi risiko infeksi dan gigi tanggal.

Perawatan gigi berlubang meliputi fluoride treatment, filling atau tambal gigi, crown atau pemasangan mahkota gigi palsu, root canal atau perawatan saluran akar gigi, dan cabut gigi. Tindakan yang dibutuhkan tergantung pada seberapa parah kondisi gigi berlubang.

Jadi, jangan segan untuk mengunjungi dokter gigi jika Anda merasakan nyeri akibat gigi berlubang. Terutama bila gigi berlubang disertai dengan demam, bengkak, nyeri saat mengunyah, keluar nanah, nyeri yang tidak hilang setelah 2 hari, serta kesulitan bernapas ataupun menelan.