Analgetik dan antipiretik adalah golongan obat berfungsi sebagai antidemam sekaligus antinyeri. Obat golongan ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat radang sendi, cedera, sakit gigi, sakit kepala, atau nyeri haid, sekaligus bisa mengatasi demam.

Terdapat 3 jenis obat yang masuk ke dalam golongan analgetik dan antipiretik, yaitu salisilat, paracetamol, dan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs). Beberapa jenis obat dari golongan ini hanya boleh digunakan sesuai resep dokter.

Analgetik-Antipiretik - alodokter

Peringatan Sebelum Menggunakan Obat Analgetik-Antipiretik

Ikuti anjuran dokter saat menjalani pengobatan dengan obat analgetik dan antipiretik. Sebelum menggunakan analgetik dan antipiretik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan menggunakan obat ini apabila Anda alergi terhadap obat yang ada di golongan ini, termasuk salisilat, paracetamol, atau nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs).
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita sakit maag, , tukak lambung, asma, penyakit liver, dehidrasi, hipertensi, gagal jantung, gangguan ginjal, atau .
  • Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat golongan analgetik dan antipiretik pada anak-anak atau lansia.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi obat analgetik dan antipiretik saat akan menjalani tindakan operasi atau perawatan gigi.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan obat analgetik dan

Efek Samping dan Bahaya Obat Analgetik-Antipiretik

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat analgetik dan antipiretik berbeda-beda, tergantung pada jenis obat analgetik-antipiretik yang digunakan dan kondisi pasien secara menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa efek samping ringan yang dapat timbul:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping yang terjadi tidak kunjung membaik. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau mengalami efek samping yang lebih serius, seperti:

Jenis dan Merek Dagang Obat Analgetik-Antipiretik

Berikut ini adalah jenis-jenis obat yang temasuk dalam golongan analgetik-antipiretik beserta merek dagangnya:

Salisilat

Seperti umumnya obat jenis analgetik dan antipiretik, salisilat atau asam salisilat adalah obat yang digunakan untuk meredakan demam, peradangan, dan rasa sakit. Salah satu yang termasuk obat salisilat adalah aspirin. Aspirin tersedia dalam bentuk tablet.

Merek dagang: Aspilets, Ascardia, Farmasal, Miniaspi 80, Thrombo aspilets.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat aspirin.

Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen adalah obat jenis analgetik dan antipiretik yang dijual bebas atau bisa didapatkan tanpa resep dokter. Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, sirop, drop, infus, dan suppositoria.

Merek dagang: Panadol, Naprex, Paramol, Mixagrip Flu, Hufagesic, Paramex SK, Sanmol, Sumagesic, Tempra, Termorex, dan Poro.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat paracetamol.

Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAIDs)

Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) atau obat antiinflamasi nonstreoid adalah obat yang bekerja dengan cara menghambat zat penyebab peradangan, yaitu prostaglandin. Beberapa obat yang termasuk obat NSAIDs adalah:

1. Ibuprofen

Bentuk obat: tablet, kapsul, sirop, suntik.

Merek dagang: Ibuprofen, Intrafen, Neo Rheumacyl, Oskadon SP, Bodrex Extra, Bodrexin IBP, Procold Obat Sakit Kepala, Novaxifen, Arbupon, Proris.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman obat ibuprofen.

2. Naproxen

Bentuk obat: tablet.

Merek dagang: Xenifar.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman obat naproxen.

3. Ketoprofen

Bentuk obat: tablet salut selaput, kapsul, suntik, suppositoria, gel.

Merek dagang: Altofen, Lantiflam, Nazovel, Pronalges, Rhetoflam, Kaltrofen, Nasaflam, Profika, Remapro, Profenid.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman ketoprofen.

4. Diclofenac

Bentuk obat: tablet, kapsul, suntik, gel, tetes mata, suppositoria.

Merek dagang: Cataflam, Flamar, Flamic, Gratheos, Laflanac, Merflam, Troflam, Zegren, Eflagen, Flamar Eye Drops, Galtaren 50, Kaditik, Megatic Emulgel, Renadinac, Voltaren.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman diclofenac.

5. Piroxicam

Bentuk obat: tablet, kapsul, dan gel.

Merek dagang: Ovtelis, Novaxicam, Piroxicam, Feldene, Selmatic, Fleroxi, Xicalom, Faxiden, Artimatic 20, Rheficam, Denicam, Scandene, Tropidene, Roxidene 20, Licofel, Lexicam, Counterpain PXM, Lanareuma, Wiros, Kifadene, Pirofel, Omeretik, Triadene 20, Maxicam, Miradene, Infeld, Rosic, Benoxicam 20, Feldco, Grazeo, Samrox 20, Rexil, Yasiden, Campain, Roxidene 20.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman piroxicam.

6. Meloxicam

Bentuk obat: tablet, tablet salut selaput, suppositoria, dan suntik.

Merek dagang: Meloxicam, Cameloc, Flamoxi, Genxicam, Melogra, Artrilox, Hufaxicam, Nulox forte, Oxcam, Melet, Relox, Flasicox 15, Melocid, Ostelox, Loxil, Melicam, Hexcam, Nucoxi 7.5, Loximei, Denilox, Arimed, Futamel, Mecox, Mexpharm, Movi-cox, Moxam, X-cam, Rhemacox, Mixlocon, Mobiflex, Mevilox, Meloxin, Moxam, Artocox, Movix.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman meloxicam.

7. Ketorolac

Bentuk obat: tablet dan suntik.

Merek dagang: Dolac, Erphain, Erphapain, Etofion, Farpain 30, Ketoflam, Ketorolac Trometamol, Ketorolac Tromethamine, Ketosic, Ketrobat 30, Lactor, Lantipain, Lantipain 30, Latorec, Matolac, Quapain, Rativol, Remopain 3%, Rindopain, Scelto 30, Teranol -10, Toramine, Torasic, Trolac, Xevolac.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman ketorolac.

8. Asam mefenamat

Bentuk obat: tablet, kapsul, dan sirop.

Merek dagang: Allogon, Datan, Femisic, Maxstan, Pehastan, Ponstan, Tropistan, Asimat, Dogesic, Lapistan, Menifal, Poncofen, Solasi.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan kunjungi laman asam mefenamat.