Penting untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Pasalnya, memiliki perut buncit tidak hanya dapat menurunkan rasa percaya diri, tetapi juga berpotensi tinggi menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Sebagian besar wanita biasanya mengalami peningkatan lemak di perut seiring bertambahnya usia, terutama setelah menopause. Hal ini diduga disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen yang dapat memengaruhi penyebaran lemak di dalam tubuh.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita - Alodokter

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa penumpukan lemak di dalam perut atau perut buncit bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, sekalipun berat badan normal atau bahkan kurus.

Orang yang memiliki lemak berlebih di perut diketahui lebih berisiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, peningkatan kolesterol, gangguan pernapasan, bahkan kematian dini akibat penyakit kardiovaskular.

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Bagi para wanita, berikut adalah beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa diterapkan:

1. Konsumsi makanan tinggi serat larut dan protein

Salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang paling efektif dan sering direkomendasikan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat larut dan protein. Beberapa riset telah menunjukkan bahwa serat larut dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, serat larut juga dapat menurunkan jumlah kalori yang diserap oleh tubuh dan mencegah penambahan lemak di perut. Jadi, upayakan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari, seperti alpukat, kacang-kacangan, brokoli, wortel, apel, jambu, dan oat.

Sementara itu, protein juga berperan penting untuk membantu mengecilkan perut buncit. Hal ini dibuktikan oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada yang tidak.

Asupan protein yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme dan membantu Anda mengontrol nafsu makan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memasukkan sumber protein yang baik dalam menu makan harian Anda, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu, protein whey, dan kacang-kacangan.

2. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak trans, karbohidrat, dan gula

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita selanjutnya adalah menghindari makanan yang tinggi lemak trans, karbohidrat, dan gula.

Ini didukung oleh beberapa riset yang telah mengaitkan asupan lemak trans yang tinggi dengan peningkatan lemak di perut. Jadi, sebaiknya jauhi produk makanan yang mengandung banyak lemak trans, seperti gorengan, fast food, dan kue kering.

Tak hanya lemak trans, mengurangi asupan karbohidrat olahan juga dinilai sebagai cara efektif untuk menghilangkan lemak di tubuh, termasuk lemak perut. Anda bisa mengganti karbohidrat olahan dengan sumber karbohidrat yang sehat dalam menu makan harian Anda, seperti pisang, ubi jalar, jeruk, apel, blueberry.

Selain itu, asupan gula berlebihan juga merupakan salah satu penyebab utama peningkatan lemak di perut, sehingga perut terlihat buncit. Oleh karena itu, batasi makanan atau minuman olahan yang tinggi gula tambahan, seperi cokelat, permen, es krim, dan minuman bersoda.

3. Batasi minuman beralkohol

Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi minuman alkohol yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan penumpukan lemak berlebih, terutama di perut dan meningkatkan risiko obesitas.

4. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga teratur memiliki peran penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh, agar tubuh lebih banyak membakar lemak, termasuk lemak di perut. Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa menjadi cara efektif untuk mengecilkan perut buncit pada wanita dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jenis olahraga yang telah terbukti berpengaruh besar terhadap penurunan lemak perut adalah latihan angkat beban dan latihan aerobik, seperti berjalan, berlari, atau berenang.

Agar hasilnya bisa maksimal, lakukanlah olahraga tersebut secara konsisten setidaknya sekitar 75ꟷ150 menit seminggu, dan tingkatkan terus frekuensi serta intensitasnya setiap 2ꟷ3 minggu.

5. Kelola stres dengan baik dan istirahat yang cukup

Stres sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab perut buncit. Saat Anda stres, terutama stres berat, akan memicu pelepasan hormon stres secara berlebihan. Kadar hormon stres yang tinggi dapat berpengaruh terhadap peningkatan nafsu makan dan penurunan kualitas tidur yang bisa memicu penumpukan lemak di perut.

Untuk membantu mengelola stres dengan baik, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menangkan, termasuk yoga atau meditasi. Setelah itu, pastikan untuk tidur yang cukup dan berkualitas, minimal 7 jam setiap malam.

Bagi wanita, ukuran pinggang yang ideal adalah tidak lebih dari 88 cm. Jika lebih, itu berarti menunjukkan tingkat konsentrasi lemak perut yang tidak sehat dan risiko masalah kesehatan yang lebih besar.

Berbagai cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang telah disebutkan di atas mungkin bisa sangat membantu Anda. Namun, dibutuhkan usaha dan ketekunan dalam menjalaninya.

Jadi, untuk mengecilkan perut buncit sekaligus mencegahnya muncul kembali, lakukanlah berbagai cara di atas secara konsisten. Bila perlu, Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai cara mengecilkan perut buncit pada wanita, sesuai kondisi kesehatan Anda.