Bunga telang telah lama dikenal dan digunakan sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. Namun, selain mempercantik penampilan makanan, bunga telang juga mengandung berbagai nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bunga telang atau kembang telang (Clitoria ternatea) merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Bunga yang berbentuk seperti corong ini memiliki beberapa varian warna, yaitu biru, ungu, merah muda, dan putih.

5 Manfaat Bunga Telang sebagai Obat Herbal Alami - Alodokter

Selain sebagai pewarna makanan dan minuman, bunga telang juga banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak hingga insektisida dan kosmetik alami. Tak hanya itu, bunga ini pun telah lama digunakan sebagai obat herba atau pengobatan tradisional karena diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Bunga Telang

Ada beberapa manfaat bunga telang yang dipercaya baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Bunga telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

Tak hanya itu, bunga telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya demensia atau pikun yang parah.

Untuk mendapatkan manfaat bunga telang tersebut, Anda bisa mengonsumsi bunga ini sebagai teh herbal atau suplemen. Meski demikian, klaim manfaat bunga telang yang satu ini masih terbatas pada riset berskala kecil di laboratorium dan belum banyak diteliti pada manusia.

2. Mencegah dan meringankan reaksi alergi

Secara tradisional, bunga telang sering kali digunakan di India untuk mengatasi batuk serta gejala alergi dan asma.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh suatu penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang dapat mengurangi jumlah zat histamin, yaitu zat yang berperan dalam menimbulkan peradangan ketika tubuh terpapar pencetus alergi (alergen).

Sayangnya, penelitian ini belum bisa memastikan efektivitas dan keamanan bunga telang sebagai obat alergi. Untuk mencegah kambuhnya alergi, Anda tetap perlu mengetahui dan menjauhi faktor pencetus alergi serta mengonsumsi obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi.

3. Meringankan peradangan

Bunga telang juga telah lama digunakan sebagai salah satu obat herba alami untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan di dalam tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa manfaat ini mungkin benar adanya karena bunga telang diketahui memiliki efek antiradang.

4. Menurunkan gula darah

Konsumsi bunga telang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, bunga telang juga banyak mengandung antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

Meski demikian, untuk mengontrol gula darah, Anda juga perlu berolahraga secara rutin, menjalani pola makan sehat, serta membatasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

5. Mengobati diare

Tak hanya bunganya saja yang berkhasiat, daun bunga telang juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat herba alami untuk mengobati diare.

Sebuah studi laboratorium berskala kecil menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat meredakan gejala diare berkat kandungan zat antiradang dan antibakteri di dalamnya.

Hingga saat ini, manfaat bunga telang pada manusia masih belum diketahui dengan jelas, terutama jika digunakan sebagai obat herba. Oleh karena itu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan manfaat bunga telang pada manusia.

Secara umum, bunga telang cukup aman dikonsumsi sesekali sebagai teh herbal atau suplemen. Namun, Anda tidak disarankan untuk menggunakan bunga telang sebagai obat herba untuk mengobati penyakit tertentu atau jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Pastikan juga untuk memilih produk dengan kandungan bunga telang yang telah terdaftar di BPOM.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat bunga telang atau merasakan gejala tertentu, seperti mual, diare, dan sakit perut, setelah mengonsumsi bunga telang, sebaiknya periksakan ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.