Rasanya yang manis membuat buah pisang disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak, lho, Bun.

Ada banyak jenis pisang yang dapat dengan mudah Bunda temukan, mulai dari pisang tanduk, pisang kepok, pisang ambon, pisang nangka, hingga pisang raja. Apa pun jenisnya, semua pisang sangat bergizi dan baik dikonsumsi secara rutin.

5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak - Alodokter

Nutrisi yang terkandung pada buah pisang antara lain karbohidrat, serat, gula, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, serta bebera jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamni B, dan vitamin C.

Manfaat Pisang untuk Anak

Karena kandungan nutrisinya, pisang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan anak, di antaranya:

1. Sebagai sumber energi

Sama seperti nasi, buah pisang padat karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi instan untuk anak. Mengonsumsi buah pisang berukuran sedang mampu menyumbang 105 kkal. Sumber kalori ini cocok untuk dikonsumsi Si Kecil yang aktif berolahraga guna menjaga kadar gula darahnya.

2. Melancarkan pencernaan dan mengenyangkan

Manfaat pisang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada buah pisang mampu meningkatkan kesehatan usus anak dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan, misalnya sembelit.

Buah ini juga sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat di sela-sela waktu menunggu jadwal makan utama tiba. Kandungan serat dan zat pati pada pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Si Kecil bisa terhindar dari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti cokelat dan keripik.

3. Mendukung proses tumbuh kembang dan menjaga kesehatan otot

Kalium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil dan bisa Bunda temukan pada buah pisang. Kalium berperan besar dalam mendukung proses tumbuh kembang, menjaga kesehatan dan fungsi otot, serta mengatur kadar air dalam tubuhnya.

4. Menjaga kesehatan otak

Mengonsumsi buah pisang secara rutin juga baik untuk kesehatan otak Si Kecil, Bun. Pisang merupakan salah satu buah yang mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini bertugas untuk mengirim pesan antar sel di otak dan memiliki peran dalam mengendalikan mood yang baik.

5. Menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah pisang memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga anak tidak mudah terpapar penyakit. Selain itu, antioksidan pada buah ini juga berperan penting untuk menangkal radikal bebas, yakni zat yang dapat merusak sel-sel tubuh dan melemahkan imunitas.

Ituah sederet manfaat pisang untuk kesehatan anak. Bunda bisa mengolah buah ini dengan berbagai cara, mulai dari dikukus, dibakar, digoreng, direbus, atau dipanggang menjadi kue jika Si Kecil bosan dengan buah pisang biasa.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan dalam memberikan pisang kepada Si Kecil. Karena tinggi karbohidrat, buah ini dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jika konsumsi gula Si Kecil tidak diperhatikan, kelebihan gula dapat disimpan menjadi lemak dan menyebabkan kelebihan berat badan.

Selain itu, jika Si Kecil alergi terhadap lateks, kemungkinan besar ia juga alergi terhadap pisang. Jadi, agar lebih aman, konsultasikanlah dulu dengan dokter. Segera bawa Si Kecil ke dokter jika ia mengalami reaksi alergi setelah makan pisang.