Tak hanya rasanya yang nikmat, manfaat pisang tanduk juga tidaklah sedikit. Beragam kandungan nutrisi di dalam pisang yang sering diolah menjadi pisang goreng ini ternyata baik untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga menjaga saluran pencernaan.

Pisang tanduk mudah ditemukan di negara tropis, termasuk Indonesia. Berbeda dari pisang pada umumnya, pisang tanduk memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan tekstur yang lebih padat. Oleh karena itu, buah ini sering diolah menjadi aneka hidangan, mulai dari pisang goreng, pisang kukus, atau kue bolu pisang.

Tak Hanya Nikmat, Inilah 7 Manfaat Pisang Tanduk bagi Kesehatan - Alodokter

Kandungan Nutrisi Pisang Tanduk

Di dalam 100 gram pisang tanduk, terkandung sekitar 120–150 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 30 gram karbohidrat
  • 1,3–1,5 gram protein
  • 0,2–0,3 gram lemak
  • 2 gram serat
  • 450 miligram kalium
  • 35–40 miligram magnesium
  • 0,5 miligram zat besi
  • 30 miligram fosfor
  • 20 miligram vitamin C
  • 60 mikrogram vitamin A

Pisang tanduk juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti selenium, zinc, vitamin B, vitamin K, serta senyawa antioksidan, seperti flavonoid, lutein, dan karoten.

Manfaat Pisang Tanduk bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, tak heran jika pisang tanduk memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang tanduk untuk kesehatan:

1. Melancarkan pencernaan

Pisang tanduk kaya akan serat yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan membuat tinja menjadi lebih lembut, sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi konstipasi.

Kandungan serat dalam pisang tanduk juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya wasir dan divertikulitis. Tak hanya itu, pisang tanduk juga memiliki sifat prebiotik sehingga bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna.

2. Mengontrol gula darah

Pisang tanduk merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk mengontrol gula darah karena memiliki indeks glikemik rendah. Ini artinya, pisang tanduk tidak memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis. Karena manfaat tersebut, buah ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda sebaiknya memilih pisang tanduk yang sudah matang karena indeks glikemiknya lebih rendah daripada yang masih mentah.

3. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat pisang tanduk selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Pisang tanduk kaya akan kalium, serat, dan antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Selain itu, pisang tanduk juga rendah natrium sehingga bisa mencegah peningkatan tekanan darah dan memelihara kesehatan jantung. Berkat manfaatnya tersebut, pisang tanduk baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi.

4. Menjaga imunitas tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat berperan penting dalam pencegahan penyakit, terutama penyakit akibat infeksi.

Untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, Anda disarankan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari pisang tanduk.

5. Memenuhi asupan nutrisi ibu hamil

Pisang tanduk juga merupakan salah satu pilihan buah yang baik untuk ibu hamil dan janin. Kandungan vitamin A, vitamin B, protein, folat, dan zat besi pada pisang tanduk diketahui baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin, serta mengurangi risiko terjadinya persalinan prematur dan cacat bawaan lahir.

6. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang, sehingga asupan oksigen tidak tercukupi. Penyakit ini bisa membuat penderitanya mudah lelah dan sulit konsentrasi, serta sistem imunnya melemah.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia, Anda disarankan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung folat dan zat besi, misalnya pisang tanduk.

7. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, pisang tanduk bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan pisang tanduk mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta vitamin dan mineral.

Beragam kandungan tersebut baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda sewaktu diet, selama tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan lebih banyak pun bisa berkurang.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi pisang tanduk, Anda juga perlu rutin berolahraga serta membatasi asupan makanan berlemak dan tinggi kalori untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Meski manfaat pisang tanduk begitu banyak, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlah pisang tanduk yang kondisinya masih baik dan belum terlihat busuk. Buah ini pun sebaiknya diolah dengan cara dikukus, dipanggang, direbus, atau dibuat menjadi jus.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi aneka makanan bergizi lainnya, tak hanya pisang tanduk. Jika memiliki pertanyaan seputar manfaat pisang tanduk bagi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.