Ada beragam cara menurunkan demam pada orang dewasa, mulai dari tindakan sederhana hingga konsumsi obat-obatan medis. Hal ini penting untuk Anda ketahui karena demam dapat memburuk bila dibiarkan tanpa penanganan dan bisa menjadi tanda adanya penyakit yang serius.

Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh hingga 380C atau lebih. Demam menjadi bagian dari reaksi pertahanan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman penyebab infeksi. Demam pada orang dewasa umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus, tapi juga tidak bisa disepelekan.

6 Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa - Alodokter

Pasalnya, demam menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas, sehingga penting untuk mengatahui ragam cara menurunkan demam pada orang dewasa.

Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa

Ada beragam cara menurunkan demam pada orang dewasa, di antaranya:

1. Perbanyak minum air putih

Saat demam, suhuh tubuh akan meningkat dan dapat memicu terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi air putih yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi dan demam segera mereda.

Selain minum air putih, kebutuhan cairan juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sup hangat, jus, atau smoothies yang diolah dari buah kesukaan Anda.

2. Konsumsi makanan bergizi

Selain perbanyak minum air putih, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi saat mengalami demam. Hal ini karena konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin, antioksidan, dan mineral bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda pun bisa cepat pulih dari sakit.

3. Istirahat yang cukup

Isitrahat dan tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara menurunkan demam pada orang dewasa. Ini penting untuk diperhatikan karena kebutuhan tidur yang tercukupi dengan baik dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan infeksi.

Jadi, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setidaknya 7 jam setiap malam. Selain itu, hindari aktivitas fisik berat hingga kondisi kesehatan Anda benar-benar pulih.

4. Kompres dingin

Untuk meredakan demam, Anda dapat mengompres area dahi dengan kompres dingin. Selain itu, Anda juga bisa mengompres area bawah ketiak atau selangkangan.

Area tersebut diketahui memiliki pembuluh darah yang lebih besar, sehingga tindakan mengompres dapat membuat suhu tubuh turun lebih cepat. Kompres dapat dilakukan selama 10–15 menit dan ulangi hingga demam turun.

5. Mandi air hangat

Selain kompres air dingin, Anda juga disarankan untuk mandi air hangat selama 20–30 menit. Mandi air hangat tidak hanya dapat menurunkan demam, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga Anda pun dapat tidur lebih nyenyak.

Mandi air dingin ketika sedang demam tidak disarankan, karena bisa membuat suhu tubuh meningkat.

6. Minum obat penurun demam

Obat penurun demam, seperti paracetamol atau ibuprofen, juga dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara menurunkan demam pada orang dewasa. Obat-obatan tersebut biasanya dijual bebas di apotek. Pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan.

Bila cara menurunkan demam pada orang dewasa di atas telah Anda lakukan tetapi demam tak kunjung mereda dan berlangsung selama lebih dari 3 hari atau bahkan disertai gejala lain, seperti muntah atau diare, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.