Lidah terasa pahit adalah kondisi yang biasa terjadi ketika Anda sedang sakit. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, tetapi bisa cukup mengganggu hingga dapat menurunkan nafsu makan. Selain karena sakit, ada pula hal lain yang bisa membuat lidah terasa pahit.

Dalam istilah medis, kondisi ketika lidah terasa pahit dikenal dengan disgeusia. Meski umumnya tidak berbahaya, rasa pahit di lidah juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Oleh karena itu, jangan abaikan kondisi lidah yang terasa pahit.

6 Penyebab Lidah Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Penyebab Lidah Terasa Pahit

Lidah terasa pahit dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:

1. Dehidrasi

Dalam beberapa kasus, rasa pahit di lidah dapat disebabkan oleh dehidrasi. Kondisi ini membuat mulut terasa kering dan mengganggu fungsi indra pengecap, sehingga lidah bisa terasa pahit.

2. Mulut kering

Secara medis, mulut kering dikenal dengan istilah xerostomia. Kondisi ini ditandai dengan menurunnya produksi air liur. Kurangnya air liur dapat mengubah rasa dalam mulut dan biasanya menjadi lebih pahit. Mulut kering dapat disebabkan oleh penuaan, penyakit autoimun, kebiasaan merokok, dan sindrom Sjogren.

3. Kehamilan

Wanita hamil sering kali merasakan pahit atau sensasi rasa logam di mulutnya. Hal ini diduga akibat adanya perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan serta indra penciuman dan pengecap yang lebih sensitif selama hamil.

4. Konsumsi obat-obatan

Sisa obat-obatan tertentu yang telah diserap oleh tubuh bisa dilepaskan ke dalam air liur, sehingga menyebabkan lidah terasa pahit. Jenis obat-obatan dan suplemen yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit adalah antibiotik, obat jantung, dan suplemen yang mengandung besi, kromium, atau tembaga.

5. Penyakit asam lambung

GERD atau penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan, bahkan hingga ke mulut. Kondisi ini bisa menyebabkan mulut terasa asam atau pahit.

Penyakit asam lambung umumnya dipicu oleh beberapa hal, seperti kebiasaan merokok, konsumsi kopi atau minuman beralkohol dan makanan berlemak secara berlebihan, serta efek dari konsumsi obat-obatan misalnya aspirin.

6. Infeksi

Ketika Anda sedang mengalami infeksi, tubuh secara alami akan melepaskan protein untuk mengatasi peradangan. Protein tersebut diduga berperan dalam perubahan struktur pada lapisan indra pengecap, yang menyebabkan terjadinya peningkatan kepekaan terhadap rasa pahit.

Selain berbagai kondisi di atas, lidah terasa pahit juga bisa terjadi akibat kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, menjalani pengobatan kemoterapi, serta menderita diabetes, penyakit ginjal, COVID-19, dan penyakit Alzheimer.

Cara Mengatasi Lidah Terasa Pahit

Lidah terasa pahit umumnya dapat membaik, bahkan hilang dengan sendirinya, setelah penyebabnya teratasi. Meski begitu, agar rasa pahit di lidah bisa segera membaik, ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

  • Memenuhi kebutuhan cairan untuk meningkatkan produksi air liur, dengan mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya
  • Mengunyah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur
  • Menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan melakukan flossing setidaknya 1 kali setiap hari
  • Berkumur menggunakan larutan garam atau obat kumur
  • Menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, seperti merokok, mengonsumsi makanan pedas atau berlemak, dan mengonsumsi minuman beralkohol

Itulah beberapa penyebab lidah terasa pahit dan cara mengatasinya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kondisi lidah terasa pahit sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, bila dibiarkan tanpa penanganan, dikhawatirkan dapat menurunkan nafsu makan dan membuat Anda kekurangan nutrisi.

Jika berbagai cara di atas belum mampu meredakan atau mengatasi rasa pahit pada lidah yang Anda alami, cobalah periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab lidah terasa pahit dan menentukan penanganan yang tepat.