Ada beragam cara menghilangkan sakit kepala yang bisa Anda coba lakukan, baik dengan cara alami maupun obat-obatan medis. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, terlebih jika sakit kepala yang dialami telah memicu rasa tidak nyaman dan menghambat akitivitas.

Sakit kepala dapat dialami siapa saja dan terjadi kapan saja. Cara yang paling umum dilakukan dan cukup efektif untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, misalnya paracetamol, ibuprofen, atau aspirin.

7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala - Alodokter

Selain obat-obatan medis, cara alami seperti mengonsumsi jahe dan minuman berkafein hingga menggunakan aromaterapi juga bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala. Bahkan, beberapa kebiasaan sehari-hari juga bisa menghilangkan sakit kepala.

Begini Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ada beragam cara menghilangkan sakit kepala. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Minum air putih

Saat Anda mengalami sakit kepala, coba ingat kembali apakah Anda sudah minum air yang cukup saat itu. Hal ini karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa memicu sekaligus memperparah keluhan sakit kepala yang dialami.

Jadi, guna mencegah dan mengatasinya, biasakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

2. Istirahat dan tidur yang cukup

Tak hanya kurang minum, kurang tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, saat sakit kepala menyerang, Anda dianjurkan untuk istirahat dan memenuhi waktu tidur guna meringankan keluhan sakit kepala yang diderita. Setidaknya Anda perlu tidur selama 7–9 jam setiap harinya.

Saat hendak tidur, pastikan lampu ruangan sudah diredupkan atau dimatikan. Ini dilakukan agar Anda dapat segera tertidur dan tidak terkena paparan cahaya yang menyilaukan dan justru bisa memperparah keluhan sakit kepala.

3. Kompres hangat atau dingin

Cara menghilangkan sakit kepala selanjutnya adalah mengompres kepala dengan kompres hangat atau dingin. Kompres hangat mampu mengendurkan otot yang tegang sehingga bisa meredakan sakit kepala, sedangkan kompres dingin bisa meredamkan rasa nyeri yang muncul.

4. Pijat kepala yang sakit

Pijatan lembut bagian dahi, leher, dan pelipis selama beberapa menit untuk meredakan sakit kepala. Pasalnya, tekanan lembut yang diberikan dapat meringankan ketegangan otot sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

5. Lakukan peregangan

Sakit kepala bisa disebabkan oleh otot yang tegang akibat stres. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan peregangan, relaksasi, atau meditasi guna meredakan ketegangan otot yang terjadi. Dengan otot yang rileks, keluhan sakit kepala umumnya bisa segera teratasi.

6. Hirup uap aromaterapi

Meski perlu diteliti lebih lanjut, sebagian orang merasa sakit kepalanya dapat mereda saat menghirup uap aromaterapi. Ini karena kandungan tertentu yang ada dalam minyak esensial umumnya bersifat menenangkan, sehingga dapat meredakan sakit kepala.

Jenis minyak esensial yang kerap dijadikan sebagai obat sakit kepala adalah peppermint, chamomile, dan lavender.

7. Minum vitamin B kompleks

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B kompleks bisa mengurangi gejala sakit kepala. Vitamin B kompleks juga dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur karena termasuk dalam vitamin yang larut dalam air, sehingga kelebihannya bisa dikeluarkan melalui urine.

Efektivitas cara menghilangkan sakit kepala di atas akan berbeda pada setiap orang. Pasalnya, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda dan bisa saja menderita jenis sakit kepala yang berbeda pula.

Jadi, jika berbagai cara di atas telah Anda terapkan, tetapi keluhan sakit kepala belum juga mereda, sering kambuh, atau disertai gejala lain, cobalah periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab sakit kepala dan menentukan penanganan yang tepat.