Obat nyeri haid bisa digunakan untuk meredakan sakit yang muncul ketika menstruasi. Obat ini dapat meredakan kram dan nyeri di perut bawah, punggung, pinggang, hingga selangkangan dan paha.

Nyeri haid umum dialami wanita menjelang atau pada hari pertama datang bulan. Kram atau nyeri saat haid biasanya timbul di perut bagian bawah, punggung bawah, dan paha atau selangkangan. Keluhan ini terjadi karena rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah.

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Tidak sedikit wanita yang merasakan sakit berat saat menstruasi hingga aktivitasnya terganggu. Obat nyeri haid dapat digunakan agar sakit yang dialami tidak sampai mengganggu dan membatasi aktivitas, terutama pada hari-hari pertama datang bulan.

Pilihan Produk Obat Nyeri Haid di Apotik

Berikut adalah beberapa produk obat nyeri haid yang efektif meredakan sakit datang bulan:

Feminax

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Feminax di Sini

Feminax adalah salah satu merek obat nyeri haid yang terkenal sejak dahulu. Feminax ampuh meredakan kram, nyeri, mulas, dan pening yang timbul saat menstruasi. Obat ini mengandung 500 mg paracetamol dan 7,6 mg ekstrak hiosiamin.

Paracetamol bekerja dengan mengurangi nyeri, sedangkan ekstrak hiosiamin membuat otot pada rahim dan saluran pencernaan menjadi rileks. Dengan begitu, nyeri dan kram perut akan berkurang.

Feminax dijual bebas di apotek dalam kemasan strip isi 4 tablet. Anda bisa minum 1–2 tablet obat ini hingga 3 kali sehari, sebelum atau sesudah makan.

Sanmol Tablet

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Sanmol Tablet di Sini

Sanmol Tablet mengandung 500 mg paracetamol yang efektif meredakan nyeri haid dan sakit kepala. Paracetamol meredakan nyeri haid dengan bekerja langsung pada sistem saraf pusat yang mengatur rasa nyeri.

Sanmol Tablet dijual bebas dalam kemasan strip isi 4 tablet. Obat nyeri haid ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, 1–2 tablet, 3–4 kali sehari.

Panadol Extra

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Panadol Extra di Sini

Panadol Extra mengandung 500 mg paracetamol dan 65 mg kafein. Paracetamol bekerja pada pusat pengaturan rasa nyeri di otak untuk mengurangi nyeri. Sementara kafein berguna meningkatkan efektivitas paracetamol dalam meredakan nyeri. Itu sebabnya, Panadol Extra bisa digunakan sebagai obat nyeri haid.

Panadol Extra dijual bebas dalam kemasan blister isi 10 kaplet. Panadol Extra dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, 1–2 tablet, 3–4 kali sehari.

Proris Triple Action

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Proris Triple Action di Sini

Proris Triple Action mengandung 200 mg ibuprofen. Bahan aktif ini mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang memicu munculnya rasa nyeri saat menstruasi. Berkat efek dari bahan aktif tersebut, Proris Triple Action bisa digunakan sebagai obat pereda nyeri haid.

Proris Triple Action dijual bebas dalam kemasan blister isi 10 kaplet. Obat ini bisa diminum 1–2 tablet, 3–4 kali sehari dan harus diminum setelah makan.

Ponstan FCT

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Ponstan FCT di Sini

Ponstan FCT mengandung 500 mg asam mefenamat yang ampuh meredakan nyeri saat menstruasi atau saat masih premenstrual syndrome (PMS). Asam mefenamat bekerja menghambat prostaglandin yang memicu timbulnya peradangan dan nyeri di dalam tubuh.

Ponstan FCT tersedia dalam kemasan blister isi 10 tablet yang bisa ditebus di apotek dengan resep dokter. Obat pereda nyeri haid ini harus diminum bersama dengan makanan atau segera setelah makan. Konsumsilah obat ini 1 tablet, 3 kali sehari.

Cataflam Tablet

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Cataflam Tablet di Sini

Cataflam Tablet cepat mengatasi nyeri haid karena mengandung 50 mg kalium diclofenac yang bisa diserap dengan cekatan. Bahan aktif ini bekerja dengan mengurangi zat pemicu peradangan dan nyeri saat menstruasi.

Cataflam tersedia dalam kemasan blister isi 10 tablet. Cataflam tidak dijual bebas. Anda perlu resep dokter untuk membeli obat ini di apotek. Obat nyeri haid ini sebaiknya diminum saat makan atau setelah makan. Konsumsilah obat ini 1–2 tablet, 2 kali sehari.

EM Kapsul

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli EM Kapsul di Sini

EM Kapsul adalah obat nyeri haid herbal yang terbuat dari ekstrak lidah buaya, ekstrak tapak liman, ekstrak meniran hijau, ekstrak jintan hitam, ekstrak kunyit, dan ekstrak jahe. Kombinasi bahan tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri haid dan melancarkan menstruasi.

EM Kapsul dijual bebas dalam kemasan strip isi 12 kapsul dan kemasan botol isi 60 kapsul. EM Kapsul bisa dikonsumsi sesudah makan 2 kapsul 2 kali sehari. Penggunaan EM Kapsul dapat dimulai 4–5 hari sebelum menstruasi. Dosis dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan.

Ps Love MenstruHeat

8 Obat Nyeri Haid yang Ampuh di Apotik - Alodokter

Beli Ps Love MenstruHeat di Sini

Ps Love MenstruHeat yang kini berganti nama menjadi Blood MenstruHeat adalah plester penghangat (heating pad) untuk meredakan nyeri kram saat haid.

Blood MenstruHeat berbentuk kantong kertas (heating pad) yang berisi bubuk besi. Ketika seal dilepas, bubuk ini akan bereaksi dengan udara yang masuk melalui pori-pori kertas, kemudian menghasilkan panas. Suhu dari heating pad ini dapat mengalihkan rasa nyeri dan mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

Blood MenstruHeat tersedia di apotik dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Blood MenstruHeat tidak boleh ditempelkan langsung di kulit, melainkan di permukaan pakaian pada bagian tubuh yang memerlukan. Buka lapisan belakang produk dan tempelkan di atas celana dalam atau baju.

Setiap jam setelah penggunaan, istirahatkan kulit dengan melepaskan produk selama minimal 5 menit. Ini karena pemakaian yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit iritasi berat karena panas berlebih.

Selain menggunakan obat nyeri haid yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa berendam di air hangat, melakukan terapi pijat dengan minyak aromaterapi, atau melakukan teknik relaksasi dengan bermeditasi atau yoga.

Jika nyeri haid tidak kunjung reda, makin parah, disertai dengan demam, atau muncul setiap kali datang bulan, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebab nyeri haid yang Anda rasakan dan memberikan penanganan yang sesuai.