Antitetanus atau tetanus immune globulin (TIG) digunakan untuk mencegah atau mengobati infeksi tetanus. Tetanus disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus akan menyebabkan spasme otot parah yang bisa berakibat fatal.

Antitetanus berisi imunoglobulin atau antibodi tetanus dalam jumlah besar. Antibodi tetanus tersebut berasal dari plasma darah manusia yang sudah diskrining dan virusnya sudah dinonaktifkan.

Antitetanus - alodokter

Antitetanus bekerja dengan cara menyuplai antibodi yang diperlukan tubuh untuk melindungi diri dari infeksi tetanus (proteksi pasif). Proteksi pasif ini akan bertahan di dalam tubuh hingga akhirnya tubuh dapat menciptakan sendiri antibodi yang dapat melawan tetanus. Merek dagang antitetanus: Tetagam P

Apa Itu Antitetanus

Golongan Obat resep
Kategori Imunoglobulin
Manfaat Mencegah atau mengobati tetanus
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Antitetanus untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Belum diketahui bahwa antitetanus bisa terserap ke dalam ASI atau tidak. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mendapatkan vaksinasi dengan anti tetanus serum.

Bentuk obat Suntik

Peringatan Sebelum Menggunakan Antitetanus

Perhatikan beberapa hal berikut sebelum mendapatkan antitetanus:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita kelainan darah, gangguan pembekuan darah, atau kadar trombosit rendah (trombositopenia).
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat lain, suplemen, atau produk herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda dalam 3 bulan terakhir baru menerima vaksin hidup atau berencana melakukan imunisasi dengan vaksin hidup, seperti vaksin tifoid.
  • Beri tahu dokter jika Anda baru menerima antitetanus saat akan menjalani tes laboratorium, karena obat ini dapat mempengaruhi hasil tes.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat setelah penyuntikan antitetanus.

Dosis dan Aturan Pakai Antitetanus

Dosis antitetanus akan disesuaikan dengan usia, kondisi, dan respons pasien terhadap obat. Berikut adalah dosis umum antitetanus berdasarkan tujuannya:

Tujuan: Mencegah tetanus (proteksi pasif)

  • Dewasa dan anak-anak: Dosis awal 250 unit. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 500 unit setelah 24 jam.

Tujuan: Mengobati tetanus

  • Dewasa dan anak-anak: 3000-6.000 unit yang disuntikkan ke beberapa area.

Cara Menggunakan Antitetanus dengan Benar

Antitetanus harus diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter dengan cara disuntikkan ke dalam otot (intramuskular/IM).

Obat ini biasanya diberikan untuk orang yang belum divaksinasi antitetanus. Namun, orang yang sudah divaksinasi juga bisa diberikan kembali, jika ia terkena atau berisiko tinggi terkena tetanus.

Interaksi Antitetanus dengan Obat Lain

Antitetanus dapat menurunkan efektivitas vaksin hidup, seperti vaksin campak, influenza, polio, atau rotavirus. Selain itu, risiko terjadinya peradangan akan meningkat jika antitetanus digunakan bersamaan dengan ethotoin, fosphenytoin, mephenytoin, atau phenytoin

Efek Samping dan Bahaya Antitetanus

Berikut adalah efek samping yang bisa terjadi setelah menerima antitetanus:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memberat. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi, yang bisa ditandai dengan bengkak pada bibir dan kelopak mata, ruam gatal, atau sulit bernapas, setelah disuntik antitetanus