Attapulgite adalah obat yang digunakan untuk meredakan dan mengatasi diare. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus besar, sehingga membuat usus mampu menyerap lebih banyak air, dan tinja akan menjadi lebih padat. Attapulgite juga mengikat bakteri atau racun penyebab diare. Selain membuat tinja lebih padat, attapulgite juga bermanfaat untuk meredakan gejala kram perut akibat diare.

Pada anak-anak, diare umumnya disebabkan oleh infeksi rotavirus. Penanganan utama diare pada infeksi rotavirus adalah mencegah dehidrasi dengan memenuhi asupan cairan, bukan pemberian obat antidiare.

Merek dagang: Diapecta, New Antides, Coro-Sorb, Neo Diastop, New Diatabs, Diagit, Arcapec, Molagit, Selediar, Teradi, Neo Diagon, Licopec, Atagip, Tagyt, Entrostop, Pularex, Akita, Neo Enterodine, Neo Koniform, Salfaplas, Biodiar

alodokter-attapulgite

Tentang Attapulgite

Golongan Antidiare
Kategori Obat bebas
Manfaat Meredakan dan mengatasi diare
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak ≥ 6 tahun
Kategori kehamilan dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.Attapulgite tidak diserap ke dalam ASI.Attapulgite tidak diserap oleh tubuh sehingga dianggap aman saat kehamilan dan menyusui. Namun, tetap konsultasikan kepada dokter kandungan mengenai risiko dan manfaat konsumsi attapulgite saat kehamilan atau menyusui.
Bentuk obat Tablet

Peringatan:

  • Diskusikan dahulu dengan dokter jika ingin memberikan attapulgite kepada lansia di atas 60 tahun atau anak-anak di bawah 12 tahun.
  • Hati-hati konsumsi attapulgite pada penderita asma, obstruksi usus, pembesaran prostat dan gangguan fungsi ginjal.
  • Beri tahu dokter atau petugas apotek apabila sedang menjalani pengobatan dengan obat-obatan lainnya, termasuk suplemen dan produk herba.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan attapulgite, segera hubungi dokter.

Dosis Attapulgite

Kondisi Usia Dosis
Diare Dewasa dan anak-anak 12 tahun ke atas 1,2-1,5 g per hari. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 8,4 gr per hari jika diperlukan.

Mengonsumsi Attapulgite dengan Benar

Ikutilah anjuran dokter dan bacalah informasi obat yang tertera pada label kemasan dalam mengonsumsi attapulgite.

Obat ini dapat digunakan sebelum atau sesudah makan. Gunakan segelas air untuk menelan tablet attapulgite secara utuh. Jangan menghancurkan, membelah, atau mengunyah tablet karena dapat meningkatkan efek samping.

Konsumsilah banyak cairan selama anda mengonsumsi attapulgite untuk mencegah dehidrasi akibat diare, kecuali jika dokter menyuruh untuk tidak mengonsumsi air terlalu banyak.

Attapulgite digunakan untuk mengatasi diare dalam jangka pendek, segera konsultasikan dengan dokter bila diare tidak membaik atau timbul efek samping dari penggunaan obat.

Simpanlah attapulgite pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup agar tidak terkena paparan sinar matahari, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Attapulgite dengan Obat Lain

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika menggunakan attapulgite bersama dengan obat-obatan lainnya:

  • Menurunkan penyerapan trihexyphenidyl. Obat tersebut harus dikonsumsi 2 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi attapulgite.
  • Meningkatkan efek samping konstipasi (sembelit) jika digunakan bersama dengan oxycodone, morfin, dan codeine.
  • Meningkatkan efek dari obat antipsikotik, antihistamin, dan antidepresan.

Efek Samping Attapulgite

Beberapa efek samping umum yang mungkin dapat terjadi setelah menggunakan attapulgite adalah:

  • Sembelit
  • Perut kembung
  • Mual
  • Nyeri lambung

Segera hubungi dokter jika efek samping memburuk atau muncul gejala reaksi alergi, seperti muncul ruam, gatal, kulit memerah dan mengelupas, sesak napas, sulit menelan atau berbicara, serta pembengkakan di bagian mulut, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.