Attapulgite adalah obat untuk meredakan diare. Walaupun termasuk dalam obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter, obat ini perlu digunakan sesuai anjuran dokter agar lebih aman.

Attapulgite bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus besar, membantu agar tinja lebih padat, dan mengurangi kram perut pada orang yang sedang mengalami diare. Obat ini juga mampu mengikat bakteri atau racun penyebab diare dan mengurangi kehilangan cairan.

alodokter-attapulgite

Attapulgit bukan merupakan terapi utama untuk diare pada anak-anak. Diare pada anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi rotavirus. Terapi utamanya adalah untuk mencegah dehidrasi dengan menjaga kadar cairan tubuh yang berkurang akibat diare karena infeksi rotavirus.

Perlu diingat bahwa obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit yang menyebabkan diare.

Merek dagang attapulgite: Akita, Arcapec, Atagip, Biodiar, Coro-Sorb, Diagit, Diapecta, Diagon, Entrostop, Licopec, Molagit, New Antides, Neo Diastop, New Diatabs, Neo Diagon, Neo Enterodine, Neo Koniform, Pularex, Salfaplas, Selediar, Teradi, Tagyt

Apa Itu Attapulgite

Golongan Obat bebas
Kategori Antidiare
Manfaat Mengobati diare 
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak ≥6 tahun
Attapulgite untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Attapulgite tidak terserap ke dalam ASI. Namun, bila Anda sedang menyusui, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Bentuk obat Tablet dan Kaplet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Attapulgite

Sebelum mengonsumsi attapulgite, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi attapulgite jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan attapulgite kepada lansia yang berusia di atas 60 tahun dan anak-anak usia di bawah 12 tahun.
  • Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan attapulgit jika Anda menderita asma, pembesaran prostat, obstruksi usus, diare yang disertai demam, atau gangguan fungsi ginjal.
  • Konsultasikan dengan dokter prihal penggunaan attapulgit jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan attapulgit jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi attapulgite.

Dosis dan Aturan Pakai Attapulgite

Dosis attapulgite akan diberikan oleh dokter sesuai dengan kondisi dan usia pasien. Secara umum, berikut adalah dosis attapulgite berdasarkan usia pasien:

  • Dewasa dan anak usia ≥12 tahun: 2 tablet setiap selesai buang air besar. Dosis maksimal adalah 12 tablet dalam sehari.
  • Anak usia 612 tahun: 1 tablet setiap selesai buang air besar. Dosis maksimal adalah 6 tablet dalam sehari.

Cara Mengonsumsi Attapulgite dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi obat yang tertera pada label kemasan dalam mengonsumsi attapulgite.

Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Gunakan segelas air untuk menelan tablet attapulgite secara utuh. Jangan menghancurkan, membelah, atau mengunyah tablet karena dapat meningkatkan efek samping.

Selama mengalami diare, penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi dengan tetap mengonsumsi banyak cairan.

Attapulgite hanya digunakan untuk mengatasi diare yang terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Obat ini juga tidak bisa menyembuhkan penyakit yang mendasari terjadinya diare. Segera konsultasikan dengan dokter bila diare tidak kunjung mereda atau timbul tanda dan gejala dehidrasi.

Simpan attapulgite pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup agar tidak terkena paparan sinar matahari. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Attapulgite dengan Obat Lain

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika menggunakan attapulgite bersama dengan obat-obatan lainnya:

  • Penurunan efektivitas obat trihexyphenidyl atau dolutegravir
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping jika digunakan bersama obat golongan opioid, seperti morfin, methadone, atau oxycodone

Efek Samping dan Bahaya Attapulgite

Beberapa efek samping umum yang mungkin dapat terjadi setelah menggunakan attapulgite adalah:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika timbul efek samping yang disebutkan di atas tidak kunjung mereda atau semakin memburuk. Segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat yang bisa ditandai dengan gejala, seperti muncul ruam kulit yang gatal, bengkan pada bibir dan kelopak mata, atau kesulitan bernapas.