Balsem Lang bermanfaat untuk meredakan pusing, masuk angin, pegal-pegal, nyeri sendi, keseleo, melegakan pernapasan, dan mabuk perjalanan. Selain itu, produk ini bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Balsem Lang merupakan balsam pereda sakit yang tidak lengket di kulit dan memiliki aroma terapi yang menenangkan. Balsem Lang mengandung bahan-bahan alami, seperti peppermint oil dan camphor.

balsem lang, balsem cap lang, balsam gosok - alodokter

Perpaduan bahan-bahan alami dalam Basem Lang dapat memberikan efek dingin yang kemudian akan berubah menjadi hangat. Efek ini dapat mengalihkan rasa nyeri dan memberikan rasa nyaman pada tubuh.

Balsem Lang tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 10 gram, 20 gram, dan 40 gram.

Apa Itu Balsem Lang

Golongan Obat bebas
Kategori Obat herbal
Manfaat Meredakan pusing, masuk angin, pegal-pegal, nyeri sendi, keseleo, melegakan pernapasan, mabuk perjalanan, dan gatal-gatal karena gigitan serangga.
Digunakan oleh Dewasa
Balsem Lang untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin dari methyl salicylate dan menthol yang dioleskan ke kulit. Namun, belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Jangan mengoleskan Balsem Lang ke area puting jika Anda sedang menyusui. Belum diketahui apakah bahan aktif dalam Balsem Lang dapat terserap ke dalam ASI atau memengaruhi produksi ASI.

Ibu hamil atau ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat oles bebas yang mengandung methyl salicylate dan menthol.

Bentuk obat Balsam

Peringatan Sebelum Menggunakan Balsem Lang

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan Balsem Lang, antara lain:

  • Jangan menggunakan Balsem Lang jika Anda memiliki alergi terhadap bahan yang terkandung dalam produk ini.
  • Jangan menggunakan Balsem Lang pada luka terbuka, kulit yang terbakar matahari, kulit pecah-pecah, kulit kering, dan dan kulit yang sedang mengalami iritasi.
  • Hindari kontak Balsem Lang dengan mata atau area sekitar mata, bagian dalam hidung, bagian dalam mulut, atau alat kelamin. Segera cuci dengan air jika area tersebut terkena produk ini.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Balsem Lang pada anak-anak.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Balsem Lang jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan Balsem Lang bersama dengan obat, suplemen, atau produk herbal lain untuk mengantisipasi terjadinya interaksi obat.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang menjalani pengobatan dengan Balsem Lang sebelum menjalani operasi atau tindakan medis, termasuk operasi gigi.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi setelah menggunakan Balsem Lang.

Dosis dan Aturan Pakai Balsem Lang

Oleskan Balsem Lang pada area tubuh yang nyeri sebanyak 3–4 kali sehari. Apabila dibutuhkan, pengolesan dapat diulangi secukupnya.

Cara Menggunakan Balsem Lang dengan Benar

Baca aturan pakai yang tertera pada kemasan sebelum menggunakan produk ini.

Ambil Balsem Lang secukupnya dan ratakan sambil pijat dengan lembut di area yang membutuhkan. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan Balsem Lang.

Jangan menutupi area kulit yang telah diberikan Balsem Lang dengan perban, kecuali atas saran dokter.

Simpan Balsem Lang pada suhu ruangan, di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jauhkan produk ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Balsem Lang dengan Obat Lain

Mengingat Balsem Lang mengandung eucalyptus oil dan methyl salicylate, interaksi yang bisa terjadi jika produk ini digunakan bersama obat-obatan tertentu adalah:

  • Peningkatan efek kantuk jika digunakan dengan obat yang memiliki efek kantuk, seperti alprazolam dan amitriptilin
  • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan jika digunakan dengan warfarin, anisindione, atau dicumarol
  • Penurunan efektivitas obat amfetamin dan pentobarbital

Efek Samping Balsem Lang

Balsem Lang umumnya jarang menimbulkan efek samping. Konsultasikan ke dokter jika timbul ruam, gatal, kemerahan, bengkak, atau rasa terbakar dan melepuh di kulit yang diolesi Balsem Lang.