Bayi 1 bulan memang masih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Namun, otaknya sudah mulai berkembang pesat, Bun. Bayi usia 1 bulan bahkan sudah mampu mengenali suara orang tuanya.

Meski belum dapat banyak melakukan sesuatu, bukan berarti bayi 1 bulan tidak perlu diajak berinteraksi. Justru pada usia ini, bayi perlu untuk mendapat rangsangan yang cukup agar mampu menyesuaikan diri dengan dunia baru di luar rahim dan berkembang dengan optimal.

Bayi 1 Bulan: Mulai Mengenali Suara Orang Tua - Alodokter

Berbagai Aspek Perkembangan Bayi 1 Bulan

Berat bayi Bunda bisa jadi akan sedikit menurun di masa awal setelah kelahirannya. Namun, bobot bayi baru lahir biasanya akan kembali naik di 2 minggu pertama. Setelah itu, bayi akan mengalami pertambahan berat badan sekitar 100–200 gram tiap minggunya.

Berikut adalah panduan perkembangan bayi 1 bulan berdasarkan beberapa aspek:

Kemampuan motorik bayi 1 bulan

Kemampuan motorik bayi akan terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya usia. Sejak baru lahir hingga usia 1 bulan, Bunda bisa merasakan tangan Si Kecil yang mencengkram tangan Bunda dengan kuat.

Selain itu, kemampuan motorik bayi juga akan berkembang dari minggu ke minggu, yaitu:

  • Usia 2 minggu: bayi bisa fokus memperhatikan obyek yang berada pada jarak 20–35 cm. Bunda bisa melatih otot mata Si Kecil dengan menggerakkan kepala Bunda perlahan dari sisi ke sisi, dan lihat apakah matanya mengikuti gerakan Bunda.
  • Usia 3 minggu: bayi secara alami terbiasa untuk mengisap dan mulai bisa ditengkurapkan untuk memperkuat otot leher. Posisi ini dibutuhkan Si Kecil untuk belajar merangkak, berguling, dan persiapan duduk. Namun, jangan biarkan bayi tidur tengkurap, ya. Agar lebih aman, biasakan ia tetap tidur dalam posisi telentang.
  • Usia 4 minggu: bayi belum bisa merasakan bahwa kaki dan tangan merupakan anggota gerak tubuhnya. Namun, Bunda bisa melatih Si Kecil dengan cara mengangkat tangannya dan menggerakkan tangannya ke depan wajahnya sambil berbicara padanya. Di usia ini, Si Kecil juga sudah mulai bisa menggeleng-gelengkan kepala dalam posisi telungkup.

Kemampuan bicara bayi 1 bulan

Saat usianya menginjak 1 minggu, bayi umumnya sudah bisa mengenali suara. Biasanya dia akan mengeluarkan suara “Ah” ketika melihat wajah dan mendengar suara orang tuanya.

Pengalaman pertama bayi untuk belajar bicara adalah dengan mendengarkan suara ibunya dan orang-orang di sekitarnya bicara. Oleh karena itu, pastikan Bunda terus mengajak Si Kecil bicara, meski ia belum dapat memahami perkataan Bunda.

Misalnya, saat Si Kecil menangis, Bunda bisa segera datang menghampirinya dan menggendongnya. Biasanya, menangis adalah cara bayi untuk mengatakan bahwa ia lapar, popoknya basah, atau ia lelah.

Kemampuan sosial bayi 1 bulan

Bayi 1 bulan senang melihat wajah orang-orang di sekelilingnya. Dia juga dapat berinteraksi dengan cara-cara berikut:

  • Fokus memperhatikan wajah yang berada dekat dengan pandangannya
  • Kadang-kadang terkejut saat mendengar suara keras atau bahkan merespons dengan tangisan
  • Terkadang menunjukkan ekspresinya dengan tertawa, mengeluarkan suara-suara, atau Pastikan Bunda merespons ekspresi tersebut, sebab itu bisa menjadi cara Si Kecil untuk berkomunikasi
  • Mendengarkan ibunya sedang berbincang dengan orang di sekelilingnya. Dia juga belajar untuk bicara dengan mendengarkan suara yang ibunya ucapkan kepadanya

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan pada Bayi 1 Bulan

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bayi usia 1 bulan:

  • Meskipun bayi usia 1 bulan mungkin sudah bisa memutar kepala sambil berbaring tengkurap, dia belum memiliki kekuatan leher untuk menopang kepala. Jadi, pastikan untuk selalu meletakkan tangan di bawah kepala bayi setiap kali mengangkatnya.
  • Bunda sebaiknya tidur di kamar yang sama dengan Si Kecil, tetapi tidak di ranjang yang sama, dan tempatkan ia di permukaan yang datar, kokoh, tanpa bantal, atau mainan di sekelilingnya.
  • Jika bayi menangis terus menerus lebih dari 3 jam dan berlangsung lebih dari 3 hari dalam sepekan tanpa alasan yang jelas, ada kemungkinan bayi mengalami kolik. Kondisi ini juga ditandai dengan kakinya yang naik-turun dan sering kentut.
  • Bayi baru lahir biasanya sedikit rewel pada sore hari karena bisa jadi dia sudah kelelahan akibat merespons banyak hal sepanjang hari, seperti suara dan orang-orang yang berlalu-lalang di sekelilingnya. Bunda bisa melakukan pijatan lembut pada Si Kecil, memeluk, atau menimangnya, supaya ia tenang.

Butuh waktu bagi bayi usia 1 bulan untuk menyesuaikan diri dengan dunia baru setelah sekian lama berada di dalam rahim ibunya. Namun, pada dasarnya otak bayi berkembang sangat pesat. Tiap kali berinteraksi, kemampuan bayi Bunda akan berkembang dalam hal cara berpikir, mengingat, dan belajar.

Bunda atau Ayah dapat merangsang perkembangan sosial Si Kecil yang telah berusia 1 bulan dengan mengajaknya berbicara dalam jarak dekat sambil memandang matanya untuk melatih fokusnya.

Penelitian menemukan bahwa bayi yang sering diajak berkomunikasi lebih cepat belajar di masa yang akan datang dibandingkan yang jarang diajak berinteraksi.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan terkait perkembangan bayi 1 bulan atau ingin tahu lebih jauh tentang cara melatih kemampuan motorik hingga sosialnya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Baca siklus perkembangan usia selanjutnya pada Bayi 2 Bulan: Merespons dengan Senyuman.