Bayi 2 bulan mulai dapat merespons dengan senyuman ketika diajak bicara atau saat dia melihat sesuatu yang dianggap menarik. Hal ini merupakan perkembangan yang signifikan dibandingkan saat bayi baru lahir.

Pada sekitar usia 6 minggu, bayi umumnya sudah bisa mengekspresikan kesenangannya melalui beberapa cara, seperti senyuman, suara, atau gerakan kaki dan lengan. Hal ini karena otak dan pendengaran bayi 2 bulan sudah semakin berkembang dibandingkan saat bayi 1 bulan.

Bayi 2 Bulan: Merespons dengan Senyuman - Alodokter

Saat memasuki usia 2 bulan, umumnya bayi laki-laki memiliki berat kurang lebih 3,8–5 kilogram, dengan panjang 52–56cm. Sementara itu, bayi perempuan umumnya berbobot 3,6–4,8 kilogram, dengan panjang 52–55 cm.

Berbagai Aspek Perkembangan Bayi 2 Bulan

Berikut adalah informasi seputar perkembangan bayi usia 2 bulan yang perlu Bunda dan Ayah ketahui:

Kemampuan motorik bayi 2 bulan

Menginjak usia 2 bulan, gerakan bayi biasanya akan semakin teratur. Gerakan tubuh seperti terkejut yang sering terjadi saat baru lahir mulai tidak terlihat lagi. Selain itu, bayi juga menunjukkan beberapa perkembangan kemampuan motorik lain, seperti:

  • Menenangkan diri dengan menghisap jari tangannya
  • Mengikuti sesuatu dengan mata dan mengenali orang lain dari kejauhan
  • Mulai tertarik pada benda-benda berwarna cerah dan mainan yang bisa berbunyi
  • Mengikuti pergerakan suatu benda ke sana-kemari. Bunda atau Ayah dapat menstimulasi Si Kecil dengan menggerakkan mainan di depan matanya
  • Mulai bisa menegakkan kepala hingga 45 derajat dengan topangan tangan dan bergerak menyerupai orang push-up saat berbaring tengkurap
  • Terkadang sudah bisa menggenggam sesuatu dengan erat selama beberapa detik.

Kemampuan komunikasi bayi 2 bulan

Bayi usia 2 bulan umumnya sudah bisa mendengar bunyi-bunyi dan mengenali suara di sekitarnya. Dia juga mulai membuat suara-suara bayi dan ekspresi wajahnya mulai dapat berubah-ubah sesuai yang dirasakan, misalnya menaikkan alis mata, melotot, atau meniup.

Di usia 2 bulan, bayi juga mungkin sudah bisa menunjukkan bahwa ia ingin digendong atau bermain, misalnya dengan celotehan atau tangisan.

Kemampuan sosial bayi 2 bulan

Bayi usia 2 bulan umumnya sudah mulai bisa berinteraksi dengan memberikan senyuman. Jika kita membalas senyumannya, itu bisa menjadi pelajaran baginya bahwa tindakannya adalah hal menyenangkan. Ini juga menjadi bagian dari berkomunikasi dengan bayi.

Selain itu, di umur 2 bulan, bayi juga mulai bisa mengeluarkan suara ketika seseorang sedang bicara padanya. Beberapa bayi bahkan mungkin sudah bisa meniru ekspresi lawan bicaranya.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan pada Bayi Usia 2 Bulan

Ukuran otak bayi umumnya akan tumbuh sekitar 5 cm selama 3 bulan awal masa kehidupannya. Walaupun bayi belum bisa membalas saat seseorang bicara atau membacakan cerita kepadanya, biasanya dia sudah senang ketika mendengar seseorang berinteraksi dengannya.

Tidur yang cukup adalah pondasi utama yang akan mendukung perkembangan bayi. Pada usia 2 bulan, bayi biasanya mulai tidur lebih lama di malam hari dibandingnkan saat baru lahir. Bunda bisa membacakan cerita atau memijat Si Kecil dengan lembut, agar ia lebih rileks menjelang tidur.

Kondisi yang Harus Diwaspadai

Perkembangan tiap anak unik, sehingga tidak perlu terlalu khawatir jika Si Kecil ternyata belum menunjukkan tanda-tanda di atas pada usia 2 bulan. Namun, tidak ada salahnya bila Bunda memeriksakan Si Kecil ke dokter ketika ada beberapa hal yang dikhawatirkan, seperti:

  • Tidak bereaksi ketika mendengar suara kencang
  • Penglihatannya tidak fokus pada benda yang bergerak
  • Tidak menyadari tangan sendiri atau tidak dapat menggenggam sesuatu
  • Tidak tersenyum ketika Bunda atau orang lain mengajaknya tersenyum
  • Tidak memasukkan tangannya ke mulut
  • Tidak dapat menegakkan kepala saat dibaringkan tengkurap
  • Tampak kurang aktif dan kurang semangat untuk bermain
  • Tidak mau menyusu dengan lancar

Bayi 2 bulan memiliki banyak perkembangan yang bisa Bunda atau Ayah lihat dan rasakan. Namun perlu diingat bahwa perkembangan motorik, bicara, dan sosial setiap bayi bisa berbeda-beda.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait perkembangan bayi 2 bulan dan cara untuk melatih kemampuannya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Baca siklus perkembangan usia selanjutnya di 3 Bulan: Meraih Benda Yang Menarik Perhatian.