Faktor cuaca yang gersang dan panas di kota Makkah sering kali membuat warga Indonesia mengalami masalah kulit kering saat umroh. Untuk mengatasi hal ini, ada cara yang bisa dilakukan.

Kulit kering saat umroh memang merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Kemunculan kulit kering ini umumnya ditandai dengan kulit terasa kasar, bersisik, dan terkadang disertai gatal-gatal yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Begini Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Umroh - Alodokter

Hindari dan Atasi Kulit Kering dengan Cara Ini

Serangkaian kegiatan saat umroh banyak yang dilakukan di luar ruangan. Meski begitu, jangan jadikan ini alasan untuk tidak memperhatikan kesehatan kulitmu, ya. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi kulit kering saat umroh akibat cuaca panas yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

1. Gunakan tabir surya

Sinar matahari merupakan salah satu faktor yang memicu kulit menjadi kering, keriput, dan kasar. Untuk mencegah kulit menjadi rusak dan kering akibat paparan sinar ultraviolet ini, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Kamu dianjurkan untuk menggunakan tabir surya  sekitar 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pemakaian dapat diulangi sekitar 2 jam sekali atau setelah kamu banyak berkeringat.

2. Gunakan pelembap untuk kulit kering

Menggunakan pelembap merupakan salah satu cara untuk mengatasi kulit kering saat umroh. Namun, kamu perlu memilih pelembap yang tepat, sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk mengatasi kulit kering, pilihlah pelembap berbasis minyak agar kulitmu tetap terhidrasi.

Jika kulit masih tetap kering meski sudah menggunakan pelembap ini, kamu bisa menggunakan pelembap lain yang mengandung bahan asam hialuronat, urea, atau asam laktat. Ketiga kandungan ini juga dinilai bisa membantu mengatasi masalah kulit kering.

3. Sertakan petroleum jelly untuk perawatan kulitmu

Petroleum jelly juga sudah lama dikenal sebagai salah satu pelembap yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk untuk mengatasi kulit kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, oleskan petroleum jelly di tangan dan wajah setelah kamu mandi.

Jika kamu juga mengalami bibir pecah-pecah saat umroh, kamu bisa mengoleskan petroleum jelly di bibir, seperti halnya kamu menggunakan lipstik.

4. Cukupi kebutuhan cairan

Mengonsumsi air putih yang cukup memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh, mulai dari menyokong metabolisme tubuh hingga menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, terutama saat umroh.

Guna menjaga tubuh tetap terhidrasi, kamu disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari, yaitu sekitar 2 liter. Namun, jika berkeringat banyak selama ibadah umroh, kamu bisa minum lebih dari takaran tersebut.

Dengan melakukan beragam cara mencegah dan mengatasi kulit kering saat umroh yang telah disebutkan di atas, kulitmu bisa tetap sehat dan nyaman. Dengan begitu, rangkaian kegiatan ibadah umroh yang kamu jalani juga tidak terganggu dengan masalah kulit.

Namun, jika kulit kering saat umroh belum juga teratasi meski sudah diolesi pelembap atau tabir surya, apalagi jika kulit kering sampai menimbulkan rasa gatal yang hebat, segera konsultasikan masalah ini ke dokter yang mungkin ada di rombongan jamaah atau di wilayah setempat.