Oatmeal umumnya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun, sebenarnya ada banyak manfaat oatmeal untuk wajah dan kulit, lho, mulai dari mengatasi kulit kering hingga kulit gatal-gatal. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung di dalam oatmeal.

Oat merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman gandum (Avena sativa). Tanaman ini bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, dan salah satunya adalah bubur gandum atau oatmeal.

Beragam Manfaat Oatmeal untuk Wajah - Alodokter

Oatmeal sudah terkenal dapat menyehatkan tubuh karena kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya baik bagi tubuh, oatmeal juga mengandung antioksidan tinggi dan sejumlah zat dengan efek antiradang, sehingga mampu melembapkan kulit dan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Berbagai Manfaat Oatmeal untuk Wajah

Berikut ini adalah deretan manfaat oatmeal untuk wajah:

1. Melembapkan kulit wajah

Oatmeal terbukti dapat mengembalikan kelembapan alami pada lapisan kulit dan menjaganya tetap lembap. Efek ini menjadikan oatmeal baik digunakan sebagai bahan pelembap alami wajah dan kulit.

Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai masker, pembersih wajah, dan kulit, atau menggunakan pelembap yang mengandung oatmeal untuk mendapatkan manfaat dari oatmeal tersebut.

2. Meredakan iritasi kulit

Oatmeal mengandung antioksidan dan zat antiradang yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit. Beberapa studi pun menunjukkan bahwa oatmeal mampu memulihkan kondisi kulit yang kering, kasar, dan bersisik, serta meredakan iritasi dan gatal pada kulit yang mengalami eksim, alergi, atau dermatitis.

3. Melindungi kulit dari efek sinar UV

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kulit apabila kulit sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Akan tetapi, dampak tersebut bisa dihalau jika Anda sering menggunakan tabir surya dan membatasi waktu berjemur atau paparan sinar matahari.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan oatmeal untuk melindungi kulit dari dampak sinar UV. Oatmeal diketahui mengandung zat yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dalam jangka panjang, sekaligus menjaga kulit tetap lembap dan lembut.

4. Mengurangi kerutan

Oatmeal mengandung antioksidan dan aneka zat yang memiliki efek antipenuaan. Kandungan tersebut diketahui baik untuk memperlambat penuaan kulit dan mencegah terbentuknya keriput atau kerutan di kulit wajah.

Oatmeal juga dapat merangsang pembentukan jaringan kulit baru dan memiliki efek melembapkan kulit, sehingga dapat membuat kerutan tampak samar.

5. Mengangkat sel kulit mati

Oatmeal merupakan salah satu bahan scrub alami yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Teksturnya yang lembut mampu membersihkan kulit tanpa menghilangkan kelembapannya.

6. Merawat kulit sensitif

Oatmeal aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif karena potensi alerginya sangat rendah. Bahkan, kulit kering, gatal, kemerahan yang timbul akibat pemakaian produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat reda dengan penggunaan krim, masker, atau pembersih kulit yang mengandung oatmeal.

Meski demikian, ada sebagian yang memiliki alergi terhadap oatmeal. Jika Anda mengalami gatal-gatal, kulit kering, atau bentol-bentol setelah menggunakan oatmeal, itu pertanda Anda memiliki alergi terhadap oatmeal dan tidak cocok menggunakan bahan tersebut.

Cara Membuat Masker Oatmeal

Menggunakan masker wajah secara teratur adalah salah satu cara untuk memperoleh manfaat oatmeal untuk wajah. Ada beberapa resep masker wajah dari oatmeal yang murah dan mudah dibuat, yaitu:

Masker oatmeal dan yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sedangkan minyak jojoba dapat melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan oatmeal
  • 1 sendok makan yoghurt tawar
  • 1 sendok makan minyak jojoba atau minyak kelapa

Cara pembuatan dan pemakaiannya:

  1. Giling atau tumbuk oatmeal hingga halus.
  2. Campurkan semua bahan di atas hingga membentuk masker.
  3. Oleskan ke kulit dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati, lalu diamkan selama beberapa menit hingga masker mengering.
  4. Bilas dengan air hangat.

Masker oatmeal dan madu

Madu bersifat antibakteri sehingga dapat membantu mengatasi jerawat sekaligus melembapkan kulit.

Bahan-bahan:

  • 200 gram oatmeal
  • 2 sendok makan madu
  • 2 sendok makan minyak jojoba

Cara pemakaian:

  1. Giling atau tumbuk biji gandum hingga halus.
  2. Campurkan madu dan minyak jojoba dengan oatmeal yang telah dihaluskan.
  3. Oleskan ke kulit dengan gerakan memutar, lalu diamkan hingga mengering.
  4. Bilas dengan air hangat.

Masker oatmeal dan pisang

Pisang mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin A. Buah ini juga mengandung silica, yaitu sejenis mineral yang dapat mendukung produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan lembut.

Bahan-bahan:

  • 1 potong pisang
  • 2 sendok makan oatmeal
  • 1 sendok makan yoghurt tawar

Cara pemakaian:

  1. Lumatkan pisang menggunakan garpu.
  2. Giling atau tumbuk oatmeal hingga halus.
  3. Campurkan semua bahan di atas.
  4. Oleskan ke kulit dengan gerakan memutar, lalu diamkan hingga mengering.
  5. Bilas dengan air hangat.

Selain pada wajah, oatmeal juga dapat digunakan pada kulit tubuh. Caranya, haluskan 200 gram oatmeal hingga berbentuk bubuk. Campurkan oatmeal yang telah dihaluskan ke dalam bak mandi berisi air hangat, lalu aduk hingga larut.

Gunakan larutan oatmeal untuk berendam selama 15–20 menit. Anda juga bisa menggunakan larutan oatmeal untuk menggosok kulit seperti layaknya menggunakan scrub tubuh.

Setelah mandi, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih halus dan lembap. Oatmeal bekerja dengan cara menenangkan kulit, sehingga metode ini sangat baik bagi Anda yang memiliki kulit kering dan mudah meradang, baik karena alergi atau iritasi pada kulit.

Selain dengan masker oatmeal untuk wajah di atas, manfaat oatmeal untuk wajah juga bisa diperoleh dengan cara menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan  dasar oatmeal.

Meski umumnya aman, oatmeal bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, jika muncul gejala alergi setelah penggunaan oatmeal atau produk yang mengandung oatmeal, segera hentikan pemakaiannya dan periksakan kondisi Anda ke dokter kulit.