Berat badan bayi 4 bulan umumnya mencapai 2 kali lipat dari berat badannya saat dilahirkan. Nah, penting bagi setiap orang tua untuk selalu memantau berat bayi pada usia ini, karena pertambahan berat badan merupakan salah satu indikator apakah bayi sudah berkembang secara optimal atau belum.

Ketika berusia 4 bulan, perkembangan bayi mulai terlihat secara signifikan. Bayi akan mengalami pertambahan tinggi badan, perkembangan kemampuan motorik, dan mulai merespons terhadap sesuatu.

Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Normal dan Perkembangannya - Alodokter

Pada usia ini, bayi mulai senang menunjukkan berbagai ekspresi, seperti tersenyum, tertawa, dan berceloteh. Selain itu, ia juga mulai menggerakkan tangannya secara bersamaan serta mencoba memasukkan tangan, kaki, atau objek lain ke dalam mulutnya.

Perkembangan bayi pada usia 4 bulan juga perlu diiringi dengan pertambahan berat badannya.

Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Normal

Bayi yang menginjak usia 4 bulan akan mengalami peningkatan berat badan setidaknya 0,5 kilogram dari berat badannya saat berusia 3 bulan. Namun, bayi laki-laki cenderung memiliki berat badan dan panjang yang lebih besar dibandingkan bayi perempuan.

Rata-rata berat badan bayi laki-laki usia 4 bulan berkisar antara 5,6–8,6 kilogram (kg) dan panjang antara 60–67,8 sentimeter (cm). Sementara itu, berat badan bayi perempuan 4 bulan umumnya antara 5,1–8,1 kg dan panjang 58–66,2 cm.

Perlu ditekankan bahwa bayi usia 4 bulan memiliki berat badan yang berbeda-beda, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi berat badan bayi:

  • Bayi lahir prematur
  • Kandungan nutrisi dalam ASI
  • Intensitas bayi dalam menyusu
  • Kondisi kesehatan bayi secara menyeluruh

Bayi yang lahir dari orang tua yang kurus cenderung memiliki berat badan kecil dan sebaliknya.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Bayi usia 4 bulan sudah mulai mencoba mengenali lingkungan sekitarnya dengan mata, mulut, telinga, atau caranya meraba. Bayi akan mulai memasukkan jarinya ke dalam mulut untuk merasakan suatu objek. Selain itu, ia juga mulai dapat melihat suatu objek dari jarak jauh.

Ketika Anda berbicara, bayi juga akan memperhatikan Anda dan berusaha meniru meski belum terlihat jelas. Untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Mengajak bayi rutin berinteraksi
  • Membacakan dongeng atau menyanyi sambil menggendong Si Kecil untuk menstimulasi penglihatan dan pendengarannya
  • Memberikan mainan yang memiliki beragam tekstur

Di usia 4 bulan, bayi mulai aktif menjangkau berbagai objek di sekitarnya. Anda disarankan untuk menjauhkan benda-benda berbahaya yang dapat melukainya.

Berat badan dan perkembangan bayi usia 4 bulan yang telah dijelaskan di atas hanyalah sebagai suatu acuan. Jika pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda tidak sesuai dengan bayi seusianya, Anda tidak perlu khawatir.

Selama bayi Anda menyusu dengan baik dan pertumbuhannya mengikuti kurva, berarti tidak ada masalah kesehatan yang dialaminya. Apabila Anda merasa pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda terlambat, segera bawa Si Kecil ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat.