Manfaat bola Kegel bagi wanita ternyata cukup banyak. Tak hanya berfungsi sebagai sex toys untuk meningkatkan gairah dan menambah rangsangan saat berhubungan intim, bola Kegel juga mampu menjaga kesehatan tubuh wanita, lho.

Bola Kegel atau bola ben wa merupakan bola berukuran kecil yang tersedia dalam berbagai berat dan ukuran. Bola ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina.

Berbagai Manfaat Bola Kegel bagi Wanita - Alodokter

Bola Kegel dilengkapi dengan seutas tali pendek agar lebih mudah dikeluarkan saat digunakan. Bola ini ada yang terbuat dari silikon, logam, kaca, atau plastik.

Kebanyakan orang mengetahui bola Kegel sebagai sex toys atau alat bantu masturbasi. Akan tetapi, tidak hanya untuk tujuan seksual, bola Kegel sebenarnya memiliki beragam manfaat, terutama bagi kesehatan organ intim wanita.

Manfaat Bola Kegel untuk Organ Intim Wanita

Berikut ini adalah berbagai manfaat bola Kegel untuk organ intim wanita:

Meningkatkan kekuatan otot panggul

Manfaat utama bola Kegel untuk wanita adalah mengencangkan otot dasar panggul. Beberapa faktor, seperti penuaan, kehamilan, persalinan, dan obesitas, dapat melemahkan otot-otot panggul wanita sehingga menimbulkan masalah medis tertentu, seperti turun peranakan dan ambeien.

Senam Kegel biasa sebenarnya dapat mengencangkan kembali otot-otot panggul yang kendur. Namun, penggunaan bola Kegel dapat meningkatkan fokus latihan ini sehingga hasilnya lebih efektif.

Mencegah inkontinensia urine

Inkontinensia urine merupakan kondisi ketika tubuh kesulitan atau bahkan tidak dapat menahan buang air kecil, misalnya saat bersin, batuk, atau tertawa.

Masalah kesehatan ini cukup sering terjadi pada wanita, terutama wanita yang sudah lanjut usia, memiliki riwayat persalinan yang banyak, memasuki usia menopause, atau menderita penyakit tertentu seperti gangguan saraf dan stroke.

Untuk mencegah terjadinya gangguan ini, para wanita bisa melakukan berbagai cara, salah satunya dengan latihan otot dasar panggul menggunakan bola Kegel atau rutin melakukan senam Kegel.

Meningkatkan gairah seksual

Otot dasar panggul yang kuat karena rutin menggunakan bola Kegel juga dapat meningkatkan gairah seksual wanita.

Saat menggunakan bola Kegel, otot-otot vagina dan panggul akan menjadi lebih kencang karena peningkatan aliran darah di area tersebut. Hal ini bisa membuat otot vagina lebih sensitif saat menerima rangsangan seksual.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Bola Kegel

Untuk menggunakannya, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Cuci tangan dan bersihkan bola Kegel terlebih dahulu dengan sabun.
  • Oleskan pelumas berbahan dasar air pada bola Kegel agar alat ini lebih mudah dimasukkan.
  • Berbaringlah dengan posisi lutut ditekuk dan kaki terbuka lebar, kemudian masukkan bola Kegel ke dalam vagina.
  • Setelah bola Kegel masuk ke dalam vagina, kencangkan otot panggul dan vagina selama beberapa detik. Tarif napas dalam, kemudian kencangkan kembali otot-otot tersebut. Lakukan hingga 10 kali.

Untuk melepaskan bola Kegel, lakukan posisi yang sama saat menggunakannya. Tarik tali yang menjuntai secara perlahan hingga bola keluar. Apabila sulit, tambahkan pelumas, lalu mengejan agar bola Kegel mudah dikeluarkan.

Anda bisa mengulang latihan Kegel dengan bola Kegel hingga 2–3 kali sehari. Setelah selesai latihan, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Penggunaan bola Kegel cenderung aman. Namun, apabila setelah menggunakannya Anda merasakan sakit atau tidak nyaman, muncul bau tidak sedap pada vagina, atau terjadi luka di vagina, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan ke dokter.

Sebagai catatan, Anda tidak dianjurkan untuk meminjamkan atau menggunakan bola Kegel yang sudah dipinjam orang lain. Hal ini penting untuk mencegah penularan penyakit menular seksual.

Itulah tadi manfaat bola Kegel bagi wanita. Apabila Anda masih ragu menggunakannya dan ingin tahu lebih lanjut seputar manfaat bola Kegel bagi kesehatan, cobalah konsultasikan ke dokter.