Menurunnya gairah seksual wanita bisa membuat seks menjadi kurang menyenangkan. Namun, para pria tak perlu khawatir berlebih. Ada banyak cara meningkatkan gairah seksual wanita yang sebenarnya tidak sulit untuk diterapkan. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut!

Gairah seksual wanita cenderung lebih rendah dibandingkan pria karena wanita tidak melulu memikirkan soal seks. Penyebab menurunnya gairah seksual wanita juga beragam, mulai dari faktor usia, perubahan hormonal, stres, pola hidup yang buruk, kelelahan, menderita penyakit tertentu, hingga hubungan yang kurang harmonis.

Cara Meningkatkan Gairah Seksual pada Wanita - Alodokter

Cara Pria Meningkatkan Gairah Seksual Wanita

Penurunan gairah seksual wanita bisa ditandai dengan kurangnya minat pada seks, tidak tertarik untuk melakukan hubungan seks, sulit mendapatkan rangsangan, hingga sulit untuk mendapatkan kepuasaan saat berhubungan seksual.

Apabila wanita Anda mengalami hal tersebut, jangan berkecil hati dulu. Anda bisa melakukan beberapa cara agar gairah seksualnya dapat kembali meningkat dan bergelora. Caranya adalah:

1. Menjalin ikatan emosional dengan baik

Membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan pasangan merupakan hal yang penting bagi wanita. Untuk itu, ajak ia untuk mencurahkan isi hatinya, termasuk keluh kesah yang dirasakan selama menjalin hubungan dengan Anda. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ikatan emosional berpengaruh terhadap gairah seksual wanita.

2. Mengungkapkan fantasi seksual

Kehidupan seksual yang monoton juga bisa membuat gairah seksual wanita menurun. Untuk itu, luangkan waktu untuk membicarakan hal ini kepada wanita Anda.

Minta ia untuk meceritakan tentang apa yang disukai dan tidak disukai selama sesi bercinta, karena siapa tahu wanita Anda memiliki fantasi seksual yang selama ini dipendam. Dengan mengungkapkan apa yang dirasakan, gairah dan kepuasaan saat bercinta bisa meningkat.

3. Lakukan foreplay sebelum berhubungan seksual

Lakukanlah pemanasan atau foreplay sebelum berhubungan seksual. Bagi wanita, foreplay tidak hanya mampu meningkatkan gairah seksual, tapi juga bisa membuat hubungan seks menjadi lebih menyenangkan. Untuk itu, berikan rangsangan pada titik-titik sensitifnya sebelum ke inti permainan.

Anda bisa memulainya dengan memberikan pijatan atau sentuhan lembut dari kulit kepala kemudian turun ke area leher, bibir, perut, betis, hingga kaki. Berikan belaian dan ciuman lembut kepadanya agar gairahnya meningkat.

Kontak fisik yang seperti ini dapat menstimulasi hormon seks oksitosin. Semakin banyak hormon oksitosin yang dilepas, akan semakin membara pula gairah seksualnya.

Selain pijatan, cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita adalah memberikannya seks oral, misalnya menstimulasi vagina dan klitorisnya, Rangsangan yang dilakukan saat seks oral juga efektif untuk membantu wanita mencapai orgasme.

4. Memanfaatkan cairan lubrikasi dan mainan seks

Sebagian wanita, terutama yang berusia lebih tua, cenderung mengalami vagina kering. Kondisi ini bisa membuat seks terasa sakit bagi mereka, sehingga membuat keingian untuk bercinta menjadi turun.

Untuk itu, agar sesi bercinta tetap nyaman dan gairahnya terbangkitkan, Anda dapat mengoleskan cairan pelumas berbahan dasar air yang aman untuk daerah kewanitaannya.

Jika Anda dan pasangan menyukai mainan seks atau sex toys, tidak ada salahnya untuk menggunakan alat ini ketika sedang bercinta. Vibrator merupakan perangkat tepat untuk membantu seorang wanita belajar tentang respons seksualnya sendiri dan membiarkannya menunjukkan apa yang disukainya.

Cara Wanita Meningkatkan Gairahnya

Tidak hanya rangsangan dari pasangan, wanita yang juga bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan gairah seksualnya. Di antaranya dengan:

1. Berolahraga secara rutin

Untuk meningkatkan gairah, para wanita perlu untuk melakukan olahraga rutin. Pilihan olahraga yang bisa meningkatkan gairah ada banyak, salah satunya adalah senam kegel.

Senam Kegel merupakan latihan khusus untuk memperkuat otot-otot di daerah organ intim wanita. Senam Kegel dapat membuat sirkulasi darah di sekitar panggul menjadi lebih baik, sehingga membantu menghasilkan cairan pelumas agar bercinta semakin nyaman.

2. Menerapkan pola makan sehat

Untuk meningkatkan gairah seksual, para wanita perlu untuk mengonsumsi makanan sehat, karena makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi suasana hati dan energi sehingga turut berpengaruh pula terhadap gairah seksual.

Para wanita disarankan untuk membatasi konsumsi makan berlemak dan memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, polong-polongan, atau kacang-kacangan.

3. Mengonsumsi makanan peningkat gairah

Beberapa makanan juga disarankan untuk dikonsumsi oleh para wanita karena diyakini dapat menambah gairah seksual. Makanan peningkat libido atau gairah ini dikenal dengan istilah afrodisiak. Contohnya adalah cokelat, cabai, semangka, stroberi, jeruk, wortel, buah ara, pisang, dan alpukat

Makanan-makanan tersebut diduga dapat melancarkan peredaran darah, sehingga membuat wanita lebih rileks dan nyaman ketika bercinta. Sementara untuk cokelat, makanan ini dapat merangsang pembentukan serotonin, yaitu zat yang dapat memperbaiki mood wanita.

4. Mengelola stres dengan baik

Para wanita juga perlu untuk mengelola stres dengan baik agar gairah seksualnya dapat meningkat. Untuk meredam atau mengurangi stres, ada ragam hal yang bisa dilakukan, mulai dari meditasi, melakukan olahraga yoga atau tai chi, hingga bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, disarankan pula untuk tidur yang cukup serta berhenti merokok dan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

Kehidupan seksual seseorang wanita memang merupakan hal yang pribadi dan sangat subjektif, sehingga langkah yang ditempuh untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu, komunikaskani dengan wanita Anda untuk mengetahui cara mana yang efektif dan tidak.

Jika beragam  cara meningkatkan gairah seksual pada wanita tersebut telah diterapkan namun tidak membuahkan hasil yang diinginkan, silakan konsultasikan ke dokter atau ahli seksologi. Dokter atau ahli seksologi akan memberikan saran serta penanganan yang sesuai.