Berbagai manfaat daun sirih merah memang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat di Indonesia. Hanya saja, sebelum memutuskan untuk menggunakan daun sirih merah, perlu dipertimbangkan bahwa sebagian manfaat tersebut masih bersifat kepercayaan secara tradisional dan memerlukan pembuktian lebih lanjut.

Berbagai manfaat daun sirih merah, kemungkinan karena daun sirih merah mengandung beragam zat yang bermanfaat, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, senyawa polifenolat, dan senyawa minyak atsiri.

Berbagai Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan - Alodokter

Mengenali Manfaat Daun Sirih Merah

Hingga saat ini, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan kemungkinan manfaat daun sirih merah untuk kondisi kesehatan tertentu.

  • Sebagai antiseptik
    Sebuah penelitian dilakukan guna mengetahui efek positif dari daun sirih merah bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah sebagai antiseptik, khususnya sebagai bahan cuci tangan. Sirih merah digunakan dengan pertimbangan bahwa bahan ini sudah sejak lama digunakan masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetes, antikanker, dan untuk menyembuhkan penyakit infeksi.Berdasarkan hasil penelitian, antiseptik dari cairan daun sirih merah ini lebih unggul daripada sabun non-antiseptik dan sabun antiseptik. Hanya saja, perlu dianalisis apakah bakteri yang tersisa tersebut bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak. Lebih jauh lagi, pernyataan hasil penelitian tersebut juga membutuhkan dukungan bukti ilmiah lainnya.
  • Menghambat karies gigi
    Karies gigi menjadi salah satu momok kesehatan paling umum di Indonesia, biasanya disebabkan bakteri Streptococcus mutans. Menurut penelitian, manfaat daun sirih merah untuk menghilangkan karies gigi mungkin bisa didapatkan, mengingat bahan ini mengandung minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik. Semua senyawa ini pada dasarnya bersifat aktif terhadap bakteri mutans, dan hasilnya ternyata cukup memuaskan karena minyak esensial sirih merah memiliki efek kuat untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. mutans.
  • Bersifat antibakteri pada bakteri tertentu
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah memang terbukti lebih efektif sebagai antibakteri dibandingkan daun sirih yang berwarna hijau. Hal itu berdasarkan pada kandungan minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, penelitian lain telah membuktikan bahwa ekstrak etanol daun sirih merah mampu menghambat pertumbuhan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

Meski berbagai penelitian di atas memberikan kemungkinan manfaat daun sirih merah, namun klaim tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikannya.

Jika Anda berniat untuk menggunakan sirih merah sebagai pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar proses penyembuhan penyakit dapat menjadi lebih efektif. Selain itu, periksa juga apakah produk sirih merah yang akan Anda gunakan sudah mendapatkan izin dan sesuai standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).