Saat ini, saffron tengah menjadi perbincangan banyak orang. Pasalnya, rempah ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, tak terkecuali bagi ibu hamil. Lantas, bolehkah ibu hamil mengonsumsi saffron?

Saffron merupakan rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Sama seperti rempah-rempah lainnya, saffron umumnya digunakan sebagai bumbu, penyedap rasa, dan pewarna makanan. Selain itu, saffron juga bisa dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh atau susu.

Bolehkan Ibu Hamil Mengonsumsi Saffron? - Alodokter

Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Saffron

Sebenarnya ibu hamil boleh, kok, mengonsumsi saffron, baik dalam bentuk makanan atau minuman. Namun, sama seperti bahan herbal lainnya, ada baiknya Bumil berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Bila Bumil ingin mengonsumsi saffron, pastikan Bumil tidak menyantapnya lebih dari 5 gram per hari, ya. Pada dosis yang tinggi, saffron bersifat stimulan bagi rahim, sehingga bisa memicu kontraksi dan menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Bumil tidak perlu terlalu khawatir dalam memanfaatkan saffron. Porsi konsumsi rempah berwarna merah ini biasanya sangat kecil. Bahkan, 2–3 helai saffron (<1 gram) saja sudah cukup untuk membuat teh saffron.

Ini manfaat Saffron untuk Ibu Hamil

Saffron sudah lama digunakan dalam dunia pengobatan herbal dan dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit. Ini karena saffron mengandung senyawa aktif, seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Nah, bagi ibu hamil, berikut ini adalah manfaat kesehatan yang bisa dipetik dari mengonsumsi saffron:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Senyawa aktif yang ada di dalam saffron memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Bumil agar tidak mudah sakit. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, daya tahan tubuh Bumil harus kuat supaya tidak gampang terinfeksi virus Corona.

2. Memperbaiki suasana hati

Mood swings bisa dikatakan “sahabat” ibu hamil, mengingat seringnya keluhan ini hadir. Nah, saffron diketahui bisa memperbaiki suasana hati, lho. Dengan mengonsumsi rempah ini, suasana hati Bumil bisa meningkat. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saffron mampu meringankan gejala depresi.

3. Membantu menyiapkan leher rahim menjelang persalinan

Kandungan senyawa aktif dalam saffron juga diduga mampu membantu mematangkan leher rahim menjelang persalinan atau saat usia kehamilan memasuki 37 minggu. Akan tetapi, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Selama hamil, tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan gangguan pencernaan, misalnya sembelit. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh hormon kehamilan dan vitamin prenatal yang mengandung zat besi. Walau demikian, vitamin prenatal tidak boleh diabaikan dan harus dikonsumsi sesuai dosis yang diberikan oleh dokter.

Nah, saffron bisa menjadi salah satu solusi masalah pencernaan Bumil. Aktivitas antioksidan dari saffron diketahui dapat melindungi dinding lambung dan usus besar dari kerusakan dan peradangan. Dengan begitu, fungsi sistem pencernaan otomatis juga terjaga dan Bumil bisa terbebas dari keluhan pencernaan yang mengganggu.

5. Meningkatkan nafsu makan

Sering mual selama hamil bisa menyebabkan sebagian ibu hamil mengalami susah makan. Padahal, ibu hamil dianjurkan untuk banyak makan dan minum guna mencukupi kebutuhan nutrisi janin. Untuk meningkatkan nafsu makan, Bumil bisa mencoba mengonsumsi saffron. Rempah ini dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

Itulah beragam manfaat saffron bagi ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan. Namun, Bumil juga perlu diingat, walau saffron mengandung banyak manfaat, bukan berarti Bumil harus mengonsumsinya setiap hari, ya.

Saffron termasuk dalam kategori rempah, sehingga tidak mengandung banyak nutrisi. Jadi, Bumil tetap perlu mengutamakan konsumsi berbagai macam makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi janin dan Bumil sendiri.

Lagi pula, saffron terkenal dengan harganya yang sangat mahal. Bukannya melarang konsumsi saffron karena mahal, tetapi manfaat saffron juga bisa diperoleh dari berbagai variasi makanan yang harganya terjangkau, kok.

Selain itu, saffron juga bisa menimbulkan efek samping pada sebagian orang, seperti mulut kering, rasa gelisah, berkeringat, mual atau muntah, sakit kepala, dan alergi. Jika Bumil mengalami keluhan ini setelah mengonsumsi saffron, segera konsultasikan dengan dokter, ya.