Suasana hati cepat berubah saat hamil, misalnya jadi cepat marah, sedih, atau bahkan menangis tanpa alasan yang jelas, adalah hal yang wajar. Kendati demikian, hal ini bisa saja mengganggu aktivitas sehari-hari Bumil, lho. Yuk, ketahui cara mengatasinya di sini!

Perubahan suasana hati yang cepat atau mood swing saat hamil biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon, perubahan pada tubuh, kurang tidur, kelelahan, rasa cemas, dan stres.

Suasana Hati Cepat Berubah Saat Hamil? Atasi dengan 7 Cara Ini - Alodokter

Tips Mengatasi Suasana Hati Cepat Berubah Saat Hamil

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Bumil lakukan untuk mengatasi mood swing saat hamil:

1. Berbagi cerita kepada orang lain

Tidak semua masalah dan rasa tidak nyaman harus ditanggung sendiri. Ada saatnya Bumil harus berbagi cerita kepada orang-orang terdekat, misalnya kepada pasangan, tentang apa yang Bumil rasakan.

Hal ini bermanfaaat untuk mengurangi kegelisahan dan beban pikiran Bumil, sehingga mood swing yang Bumil alami bisa teratasi.

2. Menulis diary kehamilan

Apabila Bumil tidak terbiasa untuk menceritakan berbagai keluh-kesah kepada orang lain, tenang. Ada, kok, alternatif lainnya, yakni dengan menuliskannya ke dalam diary kehamilan.

Pasalnya, menulis diary kehamilan juga dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres yang mungkin sedang Bumil rasakan.

3. Memanjakan diri

Memanjakan diri bisa membuat Bumil melupakan kegelisahan yang sedang dirasakan. Cobalah manjakan diri Bumil dengan melakukan berbagai hal yang Bumil senangi, misalnya menonton film, berkumpul dengan teman, atau pergi ke tempat spa favorit.

4. Berolahraga dengan rutin

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga saat hamil membawa banyak dampak positif. Salah satunya adalah mengurangi stres dan rasa cemas yang dapat menyebabkan suasana hati cepat berubah saat hamil.

Bumil bisa melakukan olahraga ringan yang Bumil sukai, seperti berjalan kaki, pilates, atau berenang.

5. Beristirahat yang cukup

Selain rutin berolahraga, jangan lupa juga untuk beristirahat dengan cukup ya, Bumil. Istirahat yang cukup akan mencegah Bumil dari rasa lelah yang berlebihan, sehingga mengurangi risiko Bumil mengalami mood swing.

6. Melakukan relaksasi

Melakukan berbagai teknik relaksasi dapat membantu mengatasi mood swing yang kerap dialami selama kehamilan. Ini karena relaksasi mampu mengurangi tingkat stres dan menimbulkan perasaan bahagia pada ibu hamil.

Nah, teknik relaksasi yang bisa Bumil lakukan antara lain yoga, meditasi, latihan pernapasan, dan relaksasi otot.

7. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Terkadang mood swing bisa disebabkan oleh rasa khawatir dan rasa bersalah, misalnya karena merasa tidak bisa menyiapkan yang terbaik dalam menyambut kelahiran bayi atau khawatir tidak bisa menjadi orang tua yang baik.

Ingat, Bumil harus berhenti menyalahkan diri sendiri dan jangan memaksakan bahwa segalanya harus berjalan sempurna. Dengan begitu, Bumil akan merasa menjadi lebih tenang dan juga terhindar dari mood swing selama hamil.

Itulah beberapa cara yang bisa Bumil terapkan untuk mengatasi suasana hati cepat berubah saat hamil. Namun, apabila mood swing sudah dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya Bumil mengonsultasikan hal ini kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.