Guna mencegah dan mengatasi anemia, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran penambah darah. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab dan yang paling umum adalah akibat kekurangan atau defisiensi zat besi.

5 Jenis Buah dan Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemia - Alodokter

Meski begitu, kondisi tersebut bisa diatasi, bahkan dicegah dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran penambah darah yang mengandung zat besi tinggi.

Beragam Jenis Buah dan Sayuran untuk Anemia

Ada beberapa jenis buah dan sayuran penambah darah yang baik untuk mengatasi anemia defisiensi besi, di antaranya:

1. Bayam

Salah satu sayuran penambah darah yang baik dikonsumsi penderita anemia adalah bayam. Di dalam 1 mangkuk bayam atau sebesar 180 gram, terkandung sekitar 6,5 mg zat besi. Tak hanya kaya akan zat besi, bayam juga mengandung kalsium, serat, protein, serta vitamin A dan vitamin E.

Nah, agar nutrisi dalam bayam dapat dimanfaatkan oleh tubuh secara optimal, Anda perlu memperhatikan cara mengolah bayam yang benar. Pastikan Anda memilih bayam yang segar dan memasaknya dahulu agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

2. Kacang kedelai

Terdapat lebih dari 5 mg zat besi yang terkandung dalam 1 mangkuk kacang kedelai. Tidak sampai di situ, kacang kedelai juga kaya akan serat, protein, asam amino, asam folat, dan vitamin E.

Asam folat atau vitamin B9 juga diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan dua nutrisi penambah darah sekaligus dalam kacang kedelai.

3. Brokoli

Brokoli juga termasuk ke dalam daftar sayuran penambah darah. Di dalam 1 porsi brokoli matang atau setara dengan 150 gram, terdapat 1 mg zat besi. Selain zat besi, brokoli juga mengandung vitamin C tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan zat besi.

4. Jeruk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin C dibutuhkan untuk membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu, Anda juga perlu untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk agar penyerapan zat besi bisa berjalan lebih optimal.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

5. Kurma

Tak hanya rasanya yang manis, buah kurma memiliki khasiat untuk menambah darah. Dalam 4 buah kurma atau setara dengan 100 gram terdapat kandungan zat besi sebesar 1 mg yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

Anda bisa mengonsumsi buah kurma secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi minuman jus atau smoothie.

Selain konsumsi buah dan sayuran penambah darah, penderita anemia juga perlu menambah variasi makanan lain yang juga kaya zat besi, misalnya daging, telur, dan kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang merah, atau almond.

Terlepas dari mengonsumsi buah dan sayuran penambah darah, bagi Anda yang menderita anemia juga perlu mengonsumsi suplemen zat besi guna mencukupi kebutuhan zat besi harian. Namun, konsultasikan dahulu kepada dokter agar Anda mendapatkan dosis yang tepat.