Selama trimester awal kehamilan, ibu hamil (bumil) disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi lengkap, termasuk buah-buahan. Lalu, buah apa saja yang direkomendasikan untuk ibu hamil muda?

Buah merupakan salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil. Buah dapat memberikan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan janin untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, konsumsi buah saat hamil muda juga dapat mengurangi keluhan sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.

Berbagai Jenis Buah untuk Ibu Hamil Muda yang Disarankan - Alodokter

Berbagai Buah untuk Ibu Hamil Muda

Berikut adalah jenis buah-buahan yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil muda:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda, karena kaya akan asam folat yang berguna untuk mendukung perkembangan saraf janin. Selain itu, kalium yang terkandung di alpukat bermanfaat untuk meringankan gejala morning sickness yang sering terjadi pada trimester awal kehamilan.

2. Pepaya

Pepaya yang sudah matang aman dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Pepaya matang kaya akan nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil, seperti vitamin A, B, C, asam folat, dan serat. Dengan mengonsumsi pepaya secara rutin, munculnya sembelit yang sering terjadi selama kehamilan juga dapat dicegah.

Namun, pepaya mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil,  karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi pada rahim.

3. Jeruk

Jeruk juga termasuk ke dalam jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil muda, karena mengandung vitamin C dan folat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi, serta berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sementara kandungan air dalam jeruk dapat mencegah dehidrasi selama kehamilan.

4. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat hamil muda karena vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya. Kedua vitamin ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah diare dan infeksi saluran pernapasan pada bayi baru lahir.

Namun ingat, pastikan buah sudah dicuci bersih menggunakan air mengalir sebelum dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kuman dan kotoran, termasuk toxoplasma yang dapat membahayakan kesehatan janin.

Di awal kehamilan, konsumsilah berbagai jenis buah untuk ibu hamil muda seperti yang telah disebutkan di atas. Bila perlu, tanyakan kepada dokter kandungan mengenai pilihan buah lainnya yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.