Istilah “morning sicknes” memang berarti rasa mual yang muncul di pagi hari. Namun, sebenarnya morning sickness juga bisa terjadi di malam hari, lho. Agar tidur Bumil tidak terganggu, yuk ketahui cara mengatasi morning sickness yang terjadi di malam hari di artikel berikut.

Munculnya morning sickness dipicu oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Biasanya, kondisi ini akan mereda setelah Bumil melewati trimester pertama kehamilan.

Bumil Mengalami Morning Sickness di Malam Hari? Ini Solusinya - Alodokter

Jika mual dan muntah yang dirasakan berlanjut sampai trimester ketiga kehamilan, maka perubahan fisik, termasuk peningkatan berat badan akibat meningkatnya berat janin dan posisi janin yang menekan lambung, bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi ini.

Keluhan morning sickness di pagi dan siang hari sering membuat ibu hamil jadi malas makan. Sedangkan, jika terjadi pada malam hari, morning sickness dapat membuat Bumil tidak bisa tidur nyenyak. Padahal, kurang tidur dan kurang istirahat bisa membahayakan kandungan Bumil.

Cara Mengatasi Morning Sickness di Malam Hari

Saat mengalami mual dan muntah di malam hari, Bumil dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk meredakannya:

1. Minum teh jahe

Selain membuat tubuh terasa lebih hangat, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh jahe sebelum tidur bisa mengatasi mual di malam hari, lho.

Tetapi ingat, jika Bumil memiliki gangguan kesehatan atau lebih sensitif terhadap aroma tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba cara ini.

2. Siapkan camilan di samping tempat tidur

Jika Bumil tiba-tiba terbangun di malam hari karena mual, cobalah untuk makan sedikit cemilan. Cara ini bisa meredakan mual yang Bumil rasakan. Agar tidak perlu repot bangun dari ranjang dan keluar kamar, selalu siapkan camilan, seperti biskuit atau kacang, di meja samping tempat tidur Bumil.

3. Hindari mengonsumsi makanan berlemak pada malam hari

Batasi atau kalau bisa hindari konsumsi makanan berlemak pada malam hari ya, Bumil. Makanan jenis ini akan lebih lama dicerna oleh tubuh dan dapat memicu mual. Sebagai gantinya, Bumil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti, biji-bijian, atau kentang.

Selain itu, usahakan untuk tidak langsung tidur atau berbaring setelah makan. Setidaknya, beri jeda waktu 30 menit dari jam makan ke waktu tidur. Oleh karena itu, aturlah waktu makan malam Bumil agar tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

4. Cobalah untuk tenang

Saat mulai merasakan mual di malam hari, tariklah napas yang dalam, kemudian embuskan perlahan. Lakukan ini sebanyak beberapa kali sampai Bumil merasa tenang dan rasa mual mereda.

Bumil juga boleh menghirup aromaterapi dengan bau yang segar dan menenangkan, seperti lemon, cendana, atau lavender. Jika ruang tidur terasa pengap, cobalah hirup udara segar dengan membuka sebentar jendela kamar tidur.

Nah, Bumil bisa mencoba beberapa cara di atas untuk mengatasi morning sickness di malam hari. Namun, jika keluhannya semakin berat, apalagi jika Bumil sampai terus-menerus muntah dan tidak bisa makan atau minum, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.