Di balik aromanya yang khas, ternyata ada banyak sekali khasiat minyak lavender untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan suasana hati sampai meredakan nyeri haid. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya satu per satu di artikel ini!

Minyak lavender adalah salah satu minyak esensial yang cukup terkenal. Minyak ini berasal dari ekstrak tanaman lavender atau Lavandula angustifolica yang memiliki bunga berwarna ungu. Tanaman ini berasal dari kelompok atau family tanaman mint.

Menilik Khasiat Minyak Lavender untuk Kesehatan - Alodokter

Daftar Khasiat Minyak Lavender untuk Kesehatan

Minyak lavender memiliki aroma yang unik, menyegarkan, dan menenangkan. Minyak ini bisa dinikmati dengan menghirup aromanya, mencampurkannya ke dalam diffuser, dan juga mengoleskannya ke kulit.

Nah, berikut ini adalah daftar khasiat minyak lavender untuk kesehatan yang sayang bila dilewatkan:

1. Meningkatkan suasana hati

Minyak lavender sudah diketahui sejak lama mampu memberikan efek menenangkan dan meredakan kecemasan. Minyak ini juga mampu meningkatkan suasana perasaan (mood).

Oleh karena itu, jangan heran bila setelah menghirup aroma minyak lavender, suasana perasaanmu menjadi lebih baik, rasa gelisah dan cemas juga berkurang.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Berdasarkan penelitian, menghirup aroma minyak esensial saat tidur, termasuk minyak lavender, bisa membuat tidur lebih nyenyak. Minyak ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki gangguan tidur, seperti insomnia.

Hal itu karena minyak lavender bisa memberikan efek tenang dan diyakini bisa membantu tubuh memproduksi melatonin, yaitu hormon alami yang berperan penting dalam mengatur tidur.

3. Meredakan sakit kepala

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menghirup minyak lavender dapat memberikan efek menenangkan. Selain bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kurang baik, menghirup minyak lavender pun bisa membantu meringankan sakit kepala atau migrain.

4. Meringankan gejala penyakit kulit

Minyak lavender diketahui memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Sifat antibakteri dan antiradang ini dipercaya bisa mengatasi kulit berjerawat.

Tidak hanya itu saja, minyak lavender juga dipercaya bisa meredakan keluhan gatal dan kulit kering akibat eksim. Bahkan, minyak lavender yang digunakan sebagai campuran dalam pelembab (moisturizer) juga diyakini bisa mengurangi kerutan.

5. Meredakan nyeri haid

Apakah kamu suka merasakan nyeri saat haid? Jika iya, kamu bisa mencoba menggunakan minyak lavender untuk meredakannya. Pasalnya, salah satu penelitian menyebutkan bahwa mencium aroma lavender selama 30 menit sehari di tiga hari pertama ketika haid bisa membantu meredakan nyeri haid yang dirasakan.

Selain dihirup, minyak lavender yang diencerkan dengan konsentrasi yang tepat dan dioleskan ke perut juga bisa membantu meningkatkan efeknya dalam meredakan nyeri haid, lho.

Demikian beberapa khasiat minyak lavender untuk kesehatan. Kamu bisa mulai mencoba menggunakan minyak ini sesuai kebutuhanmu. Walaupun diketahui memiliki banyak manfaat, tetapi tidak semua orang pasti cocok dengan minyak satu ini.

Jika selama menggunakan minyak lavender kamu mengalami keluhan tertentu atau muncul gatal, sakit kepala, atau bahkan sesak napas, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.