Kamu sering merasa lemas atau tidak berenergi saat melakukan aktivitas sehari-hari? Daripada langsung mengonsumsi minuman energi instan, kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa minuman penambah energi alami yang cenderung lebih aman bagi kesehatan.

Di pasaran, memang ada banyak produk minuman energi yang diklaim dapat membangkitkan tenaga dan stamina. Namun, kebanyakan minuman berenergi tersebut mengandung zat aditif yang kurang baik bagi kesehatan, seperti pewarna, perasa, dan pemanis buatan.

Catat, Ini Daftar Minuman Penambah Energi Alami untuk Dicoba - Alodokter

Nah, daripada mengonsumsi minuman berenergi instan yang mengandung zat-zat aditif tersebut, mending kamu coba konsumsi minuman penambah energi alami yang lebih sehat untuk tubuh.

Minuman Penambah Energi Alami

Untuk menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari, kamu perlu memastikan bahwa tubuhmu terhidrasi dengan baik. Hal ini dilakukan dengan minum air yang cukup, yaitu sebanyak 3.7 liter untuk pria dan 2.7 liter untuk wanita.

Ini artinya, dengan minum air putih saja sebenarnya kamu sudah bisa menjaga tubuh tetap fit dan terasa lebih berenergi. Namun, selain air putih, ada juga beberapa minuman yang secara alami memang dapat membantu meningkatkan energi, seperti:

1. Kopi

Kopi mungkin bisa dikatakan sebagai minuman penambah energi yang banyak disukai orang. Soalnya, kopi mengandung cukup tinggi kafein yang bisa menjadi stimulan alami bagi tubuh.

Berkat kandungan kafeinnya, mengonsumsi kopi bisa membantu meningkatkan energi, meningkatkan mood, dan melawan rasa kantuk yang melanda. Walau begitu, kamu tidak disarankan untuk minum kopi secara berlebihan, yaitu tidak lebih dari 400 mg kafein atau setara 4 cangkir kopi per harinya.

2. Teh hijau

Sama seperti kopi, manfaat teh hijau dalam menambah energi juga didapatkan dari kandungan kafeinnya. Hanya saja, kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dibandingkan dengan kopi.

Meski kandungan kafeinnya lebih rendah, banyak orang yang menyebutkan bahwa mereka merasa memiliki energi yang lebih stabil dan bisa lebih produktif dalam menjalankan tugas sehari-hari setelah minum teh hijau daripada setelah minum kopi.

3. Air kelapa

Kalau kamu suka air kelapa, kamu bisa jadikan minuman ini sebagai minuman penambah energimu. Alasannya, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna tubuh.

Selain itu, air kelapa juga mengandung kalium dan sejumlah elektrolit lain yang bisa mengganti elektrolit tubuh yang hilang saat berkeringat.

4. Susu almond

Supaya tetap berenergi sepanjang hari, kamu juga bisa coba konsumsi susu almond. Ini karena, susu almond mengandung nutrisi yang bisa memaksimalkan proses pengubahan makanan menjadi energi, yaitu magnesium dan vitamin B.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kedua nutrisi tersebut, seperti susu almond, bisa membantumu terhindar dari perasaan cepat lelah atau lemas.

Nah, itulah beberapa minuman yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan energi secara alami. Namun, kalau kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter untuk menentukan minuman berenergi apa yang aman untuk kamu konsumsi.