Tak hanya rasanya yang nikmat, ada beragam manfaat ikan bandeng yang mungkin belum Anda ketahui. Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ikan bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup umum dikonsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Habitat asli ikan bandeng sebenarnya di laut, tetapi ikan ini dapat hidup di air tawar maupun air payau sehingga banyak dibudidayakan sebagai ikan air tawar.

Di Balik Rasanya yang Nikmat, Inilah 7 Manfaat Ikan Bandeng bagi Tubuh - Alodokter

Di Indonesia, ikan bandeng sering diolah dengan cara digoreng, dipresto, atau dibakar. Selain itu, ikan bandeng juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Ikan Bandeng

Ikan bandeng merupakan sumber protein yang baik. Di dalam 100 gram ikan bandeng, terkandung sekitar 20 gram protein dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 120–150 kalori
  • 2,8 gram lemak
  • 150 miligram fosfor
  • 27 miligram kalium
  • 65 miligram natrium
  • 20 miligram kalsium
  • 2 miligram zat besi
  • 45 mikrogram (mcg) vitamin A

Ikan bandeng juga mengandung vitamin B serta asam lemak lemak omega-3 (EPA dan DHA). Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan bandeng bisa menyaingi salmon, tuna, dan tongkol.

Manfaat Ikan Bandeng bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang gurih dan lezat, ikan bandeng memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa manfaat ikan bandeng tersebut adalah:

1. Mendukung kesehatan dan fungsi otak

Kandungan lemak omega-3, protein, dan antioksidan pada bandeng berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia.

Selain itu, omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan anak-anak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain kesehatan otak, omega-3 adalah jenis lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Kandungan omega-3 pada ikan bandeng juga diketahui dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengontrol tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi mata

Ikan bandeng mengandung beragam nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Nutrisi tersebut meliputi vitamin A, vitamin B, lutein, dan omega-3.

Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, fungsi mata Anda akan tetap optimal. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pada mata, misalnya katarak dan degenerasi makula.

4. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Tak hanya susu dan produk olahannya, ikan bandeng juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta menurunkan risiko penyakit tulang, seperti rakitis dan osteoporosis.

Oleh karena itu, ikan bandeng bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan untuk mendukung fungsi dan kesehatan tulang Anda.

5. Mencegah anemia

Ikan bandeng mengandung vitamin B, folat, dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang, yang kemudian memicu terjadinya anemia.

Oleh karena itu, asupan zat besi dapat Anda cukupi dengan mengonsumsi ikan bandeng atau jenis makanan lain yang juga kaya akan kandungan nutrisi tersebut, seperti daging tanpa lemak dan telur.

Anda juga bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan menggunakan suplemen zat besi sesuai rekomendasi dokter.

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein pada ikan bandeng berperan dalam pembentukan sel imun sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu melawan kuman penyebab penyakit dan Anda pun tidak mudah sakit.

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin

Ikan bandeng juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mendukung tumbuh kembang janin dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil. Jumlah porsi ikan bandeng yang disarankan bagi ibu hamil adalah 2–3 porsi per minggu.

Ikan bandeng termasuk sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Manfaat ikan bandeng di atas akan lebih maksimal jika Anda mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi lain, seperti buah dan sayuran, serta rutin berolahraga.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat ikan bandeng atau jika Anda memiliki alergi makanan laut, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi jenis ikan tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah munculnya reaksi alergi akibat mengonsumsi ikan bandeng.