Tak hanya ikan laut, ada beragam manfaat ikan air tawar yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya. Jenis ikan ini diketahui mengandung beragam nutrisi penting yang diperlukan tubuh dan tentunya baik untuk kesehatan.

Sebagai negara dengan perairan yang begitu luas, ikan air tawar kerap dijadikan sebagai menu makan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Ada berbagai jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi, mulai dari ikan nila, ikan kakap, ikan bandeng, hingga ikan lele.

Beragam Jenis dan Manfaat Ikan Air Tawar untuk Kesehatan - Alodokter

Meski banyak dikonsumsi, tetapi tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui manfat ikan air tawar bagi kesehatan tubuh. Padahal, sama dengan ikan air laut, ikan air tawar juga kaya akan kandungan nutrisi, seperti asam lemak omega-3, protein, mineral, vitamin, serta rendah lemak jenuh.

Jenis Ikan Air Tawar dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan air tawar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

1. Ikan nila

Bagi Anda yang tidak suka ikan karena baunya amis, ikan nila bisa menjadi pilihan. Selain tidak terlalu amis, ikan nila juga mudah diolah, rasanya gurih, dan tulangnya sedikit sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Ikan nila juga merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Jenis ikan ini mengandung tinggi protein dan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Ikan kakap air tawar

Ikan kakap air tawar sebenarnya tidak jauh berbeda dari ikan kakap air laut. Keduanya memiliki cita rasa yang lezat dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Meski berukuran besar, daging ikan kakap bertekstur lembut dan mudah dicerna. Sama seperti ikan nila, ikan air tawar ini juga bisa dijadikan menu andalan karena salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga penting untuk perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, ibu hamil dan menyusui disarankan agar mencukupi kebutuhan omega-3 dari makanan, salah satunya dari ikan yang rendah merkuri seperti ikan kakap air tawar.

3. Ikan bandeng

Ikan bandeng juga termasuk ikan air tawar yang bernutrisi tinggi. Tak hanya kaya akan asam lemak omega-3, ikan bandeng juga mengandung zat besi dan vitamin B12 yang dapat mendukung produksi dan fungsi sel darah merah.

Ikan air tawar ini juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, ikan bandeng juga diperkaya dengan vitamin A, yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh.

4. Ikan lele

Untuk memperoleh manfaat ikan air tawar, Anda juga dapat mengonsumsi ikan yang paling mudah ditemukan, yaitu ikan lele. Tak kalah dengan jenis ikan air tawar lainnya, ikan lele juga mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti protein, lemak, vitamin B12, selenium, fosfor, kalium, dan asam lemak omega-3.

Karena kaya akan nutrisi dan rendah kalori, ikan lele menawarkan beragam manfaat kesehatan, mulai dari membentuk dan memperbaiki jaringan otot, memelihara kesehatan sistem pencernaan, mencegah dan mengatasi anemia, hingga membantu penurunan berat badan.

Kelebihan lain ikan air tawar adalah memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah dibandingkan ikan air laut sehingga aman dikonsumsi siapa saja, termasuk ibu hamil.

Ikan air tawar termasuk sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ikan air tawar dengan maksimal, pastikan Anda memilih ikan yang segar, mengolahnya dengan baik dan benar, serta memasaknya hingga matang.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat ikan air tawar atau Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti alergi ikan atau makanan laut, dan ingin rutin mengonsumsi ikan air tawar, cobalah konsultasikan lebih dulu ke dokter.