Dobutamin adalah obat untuk membantu kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh pada orang yang mengalami gagal jantung atau syok kardiogenik. Untuk mengobati syok kardiogenik, obat ini bisa digunakan bersama dopamin.  

Dobutamin bekerja dengan cara merangsang reseptor beta-1 jantung sehingga meningkatkan kontraksi jantung dan kemampuan pompa jantung. Cara kerja ini akan meningkatkan tekanan darah, denyut jantung, dan jumlah darah yang akan dipompa oleh jantung (cardiac output).

DOBUTAMIN - alodokter

Penggunaan obat ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit dan pemberiannya akan dilakukan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter.

Merek dagang dobutamin: Cardiotone, Dobutamine HCL, Dobutamine-hameln, Domine, Dobuject

Apa Itu Dobutamin

Golongan Obat resep
Kategori Obat jantung
Manfaat Membantu pompa jantung
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Dobutamin untuk ibu hamil dan menyusui

 

Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Dobutamin belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Suntik

Peringatan Sebelum Menggunakan Dobutamin

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan dobutamin, di antaranya:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Dobutamin tidak boleh diberikan kepada pasien yang alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita tekanan darah tinggi, penyakit katup jantung, infeksi jantung, kardiomiopati, angina, pheochromocytoma, asma, hipertirodisme, atau glaukoma.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengalami kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya hipovolemia, seperti muntah atau diare yang berat dan tidak kunjung berhenti atau perdarahan saluran pencernaan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk obat herbal dan suplemen.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah menggunakan dobutamin.

Dosis dan Aturan Pakai Dobutamin

Dobutamin akan diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter melalui suntikan ke pembuluh darah vena (intravena/IV).

Dosis awal penggunaan dobutamin untuk kondisi gagal jantung bagi orang dewasa adalah 2,5–10 mcg/kgBB per menit. Dosis dapat disesuaikan menjadi 0,5–40 mcg/kgBB per menit, tergantung respons tubuh pasien.

Sementara itu, dosis untuk bayi hingga anak-anak usia 18 tahun adalah 5 mcg/kgBB per menit. Dosis dapat disesuaikan menjadi 2–20 mcg/kgBB per menit, tergantung respon tubuh pasien.

Cara Menggunakan Dobutamin dengan Benar

Dobutamin akan diberikan di rumah sakit. Peyuntikannya akan langsung dilakukan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Ikuti saran dan anjuran dokter selama menjalani pengobatan dengan dobutamin.

Selama menjalani pengobatan dengan dobutamin, dokter akan melakukan pemantauan tekanan darah, denyut jantung, cardiac output, dan jumlah keluaran urine.

Interaksi Dobutamin dengan Obat Lain

Berikut ini adalah sejumlah efek interaksi yang dapat terjadi jika dobutamin digunakan bersamaan dengan obat lain:

  • Peningkatan risiko terjadinya hipotensi dan takikardia jika digunakan dengan obat penghambat alfa, seperti phenoxybenzamine
  • Peningkatan efek dan kadar dobutamin jika digunakan dengan obat antidepresan golongan MAOI atau golongan trisiklik
  • Peningkatan tekanan darah jika digunakan dengan obat antihipertensi
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping dobutamin jika digunakan dengan entacapone
  • Peningkatan risiko terjadinya keracunan obat jika digunakan dengan ergotamine, methysergide, atau ergometrine
  • Peningkatan risiko terjadinya aritmia jika digunakan dengan quinidine, obat glikosida jantung, cyclopropane, atau halothane.
  • Peningkatan risiko terjadinya hipertensi berat dan bradikardia jika digunakan dengan obat penghambat beta
  • Peningkatan efek dobutamin jika digunakan dengan oksitosin

Efek Samping dan Bahaya Dobutamin

Dobutamin akan diberikan di rumah sakit. Beri tahu dokter atau petugas medis jika efek samping di bawah tidak kunjung mereda atau semakin memberat:

Laporkan ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau mengalami efek samping yang lebih serius, seperti: