Komplikasi atau masalah jangka panjang akibat gonore akan timbul jika tidak diobati. Selain itu, gonore bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya dan menimbulkan masalah serius.

Komplikasi gonore pada penderita pria adalah berkurangnya kesuburan yang diakibatkan oleh infeksi testis dan kelenjar prostat. Meskipun begitu, hal ini jarang terjadi.

Sedangkan pada wanita, gonore bisa berdampak pada organ reproduksi. Sekitar 15 persen kasus gonore yang tidak diobati menyebabkan penyakit radang panggul. Hal ini bisa memicu sakit tulang panggul jangka panjang, kemandulan, dan kehamilan ektopik atau di luar rahim.

Walau jarang terjadi, infeksi pada bagian tubuh lain bisa terjadi jika gonore tidak diobati dan menyebar melalui aliran darah. Beberapa kondisi yang bisa terjadi pada pria maupun wanita adalah:

  • Iritasi kulit dan berwarna kemerahan.
  • Radang dan pembengkakan persendian.
  • Peradangan pada otak, saraf tulang belakang, dan jantung yang bisa membahayakan nyawa

Komplikasi gonore pada wanita hamil tidak hanya berdampak pada dirinya, tapi juga bisa berdampak pada bayi yang dikandungnya, seperti kelahiran prematur dan keguguran. Mata bayi yang dilahirkan oleh ibu penderita gonore bisa terinfeksi. Kerusakan penglihatan permanen akan terjadi jika bayi tersebut tidak segera diobati dengan antibiotik.