Beredar mitos bahwa gunting rambut bukan sekadar memotong atau mengubah model rambut, tetapi juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan rambut. Namun, apakah mitos tersebut memang benar? Yuk, ketahui faktanya dalam pembahasan berikut.

Rambut sering disebut sebagai mahkota kepala. Rambut yang indah dan terawat akan menentukan penampilan fisik secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan rambut.

Mitos dan Fakta Seputar Gunting Rambut - Alodokter

Nah, menjaga kesehatan dan keindahan rambut dapat dilakukan dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat, membersihkan dan merawat rambut secara rutin, hingga menutrisi rambut melalui asupan makanan bergizi. Namun, tidak hanya itu. Gunting rambut juga diduga dapat menunjang kesehatan rambut.

Mitos dan Fakta Gunting Rambut yang Perlu Diketahui

Ada beberapa mitos mengenai manfaat gunting rambut bagi kesehatan rambut. Untuk mengetahui kebenaran mitos tersebut, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Mengatasi rambut bercabang dan mudah patah

Rambut bercabang umumnya disebabkan oleh kebiasaan mewarnai, meluruskan, atau mengeritingkan rambut. Bila terlalu sering dilakukan, paparan suhu panas dari alat pelurus atau bahan kimia dalam pewarna rambut dapat menyebabkan kerusakan lapisan rambut.

Sampo dan kondisioner kerap digunakan untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Namun, penggunaannya tidak dapat memperbaiki struktur rambut secara keseluruhan.

Nah, cara lain yang diduga dapat mengatasi rambut bercabang adalah dengan menggunting bagian rambut yang rusak. Cara ini bukanlah mitos belaka, karena menggunting rambut yang bercabang secara berkala dapat mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Ada anggapan bahwa semakin sering memotong rambut, rambut akan semakin cepat panjang. Namun, anggapan ini tidaklah benar dan hanya sebuah mitos. Memotong rambut memang dapat mendorong pertumbuhan rambut, tetapi bukan berarti mempercepat pertumbuhannya.

Meski demikian, mengingat kesehatan rambut adalah salah satu faktor penting guna mendukung pertumbuhan rambut, Anda tetap disarankan untuk gunting rambut secara rutin untuk menjaganya tetap sehat.

Pemilik rambut pendek disarankan untuk memotong rambut setiap 1–2 bulan sekali dan  setiap 2–3 bulan sekali untuk pemilik rambut sedang. Sementara untuk pemilik rambut panjang, dianjurkan gunting rambut setiap 3–6 bulan sekali.

3. Membuat rambut tampak lebih tebal

Ada anggapan bahwa memotong rambut bisa membuat rambut tumbuh lebih tebal, karena ujung rambut menjadi terlihat tumpul, sehingga rambut terlihat lebih gelap dan tebal.

Faktanya, gunting rambut tidak dapat mengubah ketebalan rambut atau bahkan laju pertumbuhannya. Meski demikian, menggunting rambut merupakan cara yang tepat untuk mengatasi kerusakan rambut.

Selain itu, menggunting rambut dengan model tertentu dapat memberikan kesan rambut tampak lebih tebal dan bervolume. Hal ini tentu berdampak pada tampilan rambut dan penampilan Anda secara keseluruhan, terutama bila Anda memiliki rambut tipis.

4. Memperbaiki suasana hati

Gunting rambut sering dianggap sebagai ritual buang sial. Tentu hal tersebut tidaklah benar. Meski demikian, gunting rambut memang dapat memengaruhi suasana hati seseorang yang sedang kalut.

Kegiatan gunting rambut mungkin sering dianggap sebagai hal yang sepele dan tidak berarti apa-apa. Padahal, aktivitas ini bisa menjadi salah satu upaya agar rambut tetap terawat, sehat, dan tampak indah.

Jika Anda memiliki masalah seputar kesehatan rambut yang tak kunjung teratasi, termasuk dengan gunting rambut, konsultasikan ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.