Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu perlu mengonsumsi aneka nutrisi, termasuk vitamin rambut. Vitamin ini bisa diperoleh dari beragam jenis makanan bergizi atau suplemen nutrisi tambahan. Tak hanya baik untuk rambut, makanan bergizi juga baik untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Vitamin rambut secara alami dapat diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Selain vitamin, protein, selenium, folat, dan zat besi, juga berperan penting untuk mendukung pertumbuhan rambut. Dengan mencukupi nutrisi tersebut, kesehatan rambutmu akan tetap terjaga dengan baik.

Utamakan Makanan Alami untuk Vitamin Rambut - Alodokter

Vitamin yang Penting untuk Rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang tumbuh dengan baik, kuat, dan tidak mudah lepas atau rontok. Tak hanya itu, kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh kondisi kulit kepala.

Untuk memelihara pertumbuhan dan kesehatan rambut serta kulit kepala, kamu perlu mencukupi asupan berbagai jenis vitamin berikut:

1. Vitamin A

Selain membantu pertumbuhan, vitamin A juga dapat menghasilkan sebum yang berguna untuk melembapkan kulit kepala, sehingga rambut tidak mudah kering dan rontok.

2. Vitamin B

Selain berperan dalam mengatur fungsi sistem saraf dan otak serta metabolisme tubuh, vitamin B juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Niasin (vitamin B3) dan biotin (vitamin B7) adalah 2 jenis vitamin B yang terkenal baik untuk menjaga kekuatan rambut dan mendukung pertumbuhannya.

3. Vitamin C

Agar bisa tetap kuat dan kokoh, rambut dan kulit membutuhkan kolagen yang cukup. Protein ini bisa terbentuk dengan baik jika asupan vitamin C terpenuhi. Oleh karena itu, vitamin C termasuk sebagai salah satu vitamin rambut yang penting untuk kamu konsumsi.

Vitamin C yang merupakan antioksidan ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit kepala, sehingga rambut bisa tumbuh dengan baik.

4. Vitamin D

Vitamin D yang berperan menjaga kesehatan tulang dan kulit juga berperan menunjang pertumbuhan rambut. Suatu riset menunjukkan bahwa vitamin D dapat mendukung pembentukan folikel atau akar rambut, sehingga rambut bisa tumbuh dengan subur.

5. Vitamin E

Ini juga termasuk salah satu vitamin rambut yang baik untuk membuat rambut tumbuh subur dan kuat. Selain itu, vitamin E memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta dapat mencegah penuaan dini.

Meski demikian, kamu tak boleh mengonsumsi vitamin E berlebihan. Ini karena kelebihan vitamin E justru bisa menyebabkan kerontokan rambut dan masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan tiroid.

Berbagai nutrisi di atas bisa kamu peroleh juga dari suplemen. Namun, agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai dosis suplemen vitamin untuk rambut yang perlu kamu konsumsi, khususnya vitamin rambut yang tergolong vitamin larut lemak, seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin E.

Makanan Alami untuk Rambut Sehat

Berikut adalah beberapa makanan alami yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut:

Ikan

Ikan yang kaya protein, mineral, vitamin, dan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, tuna, dan tongkol, merupakan salah satu makanan yang baik untuk rambut. Tak hanya itu, ikan juga baik untuk mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular.

Sayuran hijau

Aneka sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kale, kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, antioksidan, serta folat. Nutrisi ini penting dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan kelembapan rambut serta membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Ubi, wortel, labu, melon, dan mangga

Aneka buah dan sayuran berwarna cerah ini kaya akan anitoksidan, mineral, dan vitamin yang baik untuk rambut. Dengan rutin mengonsumsinya, rambutmu bisa menjadi lebih lebat, lembap, berkilau, dan sehat.

Jambu biji

Jambu biji atau guava merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Berkat kandungan nutrisi ini, rambutmu akan menjadi lebih kuat dan indah. Jambu yang kaya vitamin dan antioksidan juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kacang dan biji-bijian

Kekurangan zat besi dan folat bisa menyebabkan anemia dan rambut rontok. Oleh karena itu, kamu perlu mencukupi asupan vitamin rambut serta zat besi dan folat agar tubuh tetap sehat dan rambut pun tetap kuat.

Aneka nutrisi tersebut bisa kamu peroleh secara alami dari biji-bijian, seperti gandum utuh, flaxseed, chia seed, sereal yang diperkaya zat besi, serta kacang, termasuk kacang kedelai dan kacang merah.

Daging

Ketika tubuh kekurangan protein, rambut bisa bisa menjadi lebih mudah rontok dan rapuh. Untuk mendapatkan cukup protein, kamu dapat mengonsumsi makanan kaya protein, seperti daging ayam, sapi, atau ikan. Agar lebih sehat, pilihlah daging yang tidak berlemak.

Telur

Telur kaya akan protein, mineral, dan vitamin B7 atau biotin yang berperan penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi penting untuk rambut.

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin rambut, jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan rambut dari luar dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan berkeramas secara rutin menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Selain itu, hindari penggunaan pengering atau pelurus rambut serta cat rambut terlalu sering, agar rambut tidak cepat rusak.

Setelah mengetahui beragam jenis makanan alami untuk rambut atau vitamin rambut, jangan sia-siakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut setiap hari. Bila perlu, konsultasikan dokter terkait dosis atau asupan harian vitamin rambut yang direkomendasikan, sehingga manfaatnya dapat terasa secara maksimal.